Selasa, 21 May 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Tak Ikut Ujian Praktik, Enam Siswa SMK di Pati Tak Lulus

15 Mei 2019, 14: 15: 41 WIB | editor : Ali Mustofa

Tak Ikut Ujian Praktik, Enam Siswa SMK di Pati Tak Lulus

PATI – Ujian nasional (unas) tingkat SMK semua sekolah sudah menyerahkan hasil kelulusan. Berdasarkan rekapitulasi, ada 6.694 siswa yang lulus. Namun, ada enam siswa yang mengikuti ujian nasional dinyatakan tak lulus.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Pati Pramuhadi Kuswanto mengaku, pada Unas 2019 ini ada dua siswa yang mengundurkan diri sebelum pelaksanaan. Selain itu, ada enam siswa mengikuti ujian nasional, namun tidak lulus.

”Siswa yang tidak lulus ada yang memang tidak tuntas. Yakni tidak mengikuti ujian kompetensi kejuruan atau ujian praktik. Padahal ujian tersebut merupakan bagian dari USBN (ujian sekolah berstandar nasional). Siswa yang tak lulus itu, harapannya mau mengulang unas tahun depan,” harapnya.

Ia menambahkan, secara keseluruhan nilai rata-rata UNBK tingkat SMK naik. Dari 49.89 pada tahun ajaran 2017/2018 naik mejadi 50.90 pada tahun ajaran 2018/2019 ini.

Sementara unas di SMA, dari 4.582 siswa di Pati yang mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), semuanya dinyatakan lulus alias 100 persen. Pengumuman kelulusan sudah diserahkan kepada semua wali murid. Pada saat pengumuman kelulusan cenderung kondusif, karena pengumumannya waktu puasa.

Kasi SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Hariyanto mengaku, jumlah peserta unas SMA di Pati ada 4.584 siswa. Namun, ada dua siswa yang mengundurkan diri jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan UNBK. Mereka mengundurkan diri karena beberapa alasan. Jadi, yang mengikuti UNBK ada 4.582 orang.

”Siswa yang mengikuti UNBK dinyatakan lulus semua. Kelulusan dinilai dari UNBK dan USBN serta pertimbangan dari masing-masing sekolah,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Kudus kemarin. 

(ks/put/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia