Senin, 16 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Disnaker Perinkop dan UKM Surati Ratusan Perusahaan untuk Bayar THR

15 Mei 2019, 12: 01: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

Disnaker Perinkop dan UKM Surati Ratusan Perusahaan untuk Bayar THR

KUDUS – Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi & UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus, mengimbau agar setiap perusahaan memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawan. THR paling lambat diberikan tujuh hari jelang lebaran.

Kabid Hubungan Industrial dan Perselisihan Ketenaga Kerjaan, Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus, Agus Juanto menyatakan, telah mengeluarkan sebanyak 120 surat edaran. Surat  tersebut diberikan kepada perusahaan berskala besar, sedang dan kecil. Pihaknya mengimbau agar setiap perusahaan melaksanakan kewajiban memberikan THR.

“Setidaknya THR diberikan paling lama ya tanggal 28 Mei,” ungkapnya.

Adapun syarat dan ketentuan bagi karyawan yang penerimaan THR itu diantaranya, pekerja yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, diberikan sebesar satu bulan upah.

Serta pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus, namun kurang dari 12 bulan , diberikan secara proposional sesuai masa kerja. Agus menjelaskan perhitungannya jumlah masa kerja dibagi dua belas, dikali satu bulan upah kerja.

“Dulu masa kerja empat bulan lebih baru dapat. Namun sekarang ini satu bulan kerja sudah mendapatkan THR,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, ketentuan bagi pegawai kontrak yang putus 30 hari sebelum THR dipastikan tak mendapatkan. Namun ketika pekerja tetap terkena PHK masih bisa mendapatkan tunjangan tersebut.

Agus mengimbau, kepada pekerja yang tak dibayar sesuai dengan upah tunjangan segera melaporkan itu kepada pihaknya. Pasalnya itu sudah diatur di Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6/ 2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan bagi pekerja maupun buruh di perusahaan. (gal)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia