Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Jaga Cagar Budaya, Disbudpar Bentuk Tiga Tim Ahli

13 Mei 2019, 14: 26: 46 WIB | editor : Ali Mustofa

BENTUK TIGA TIM: Menara Kudus masih menjadi daya tarik wisata religi bagi peziarah Kudus dan luar Kudus.

BENTUK TIGA TIM: Menara Kudus masih menjadi daya tarik wisata religi bagi peziarah Kudus dan luar Kudus. (VEGA MA’ARIJIL ULA/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTAMemiliki 100 cagar budaya membuat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) membentuk tiga tim pemelihara cagar budaya. Terdiri dari Tim pertama yakni Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) ada lima orang, Tim Pendaftaran Cagar Budaya (TPCB) dan Tim Penyelamatan dan Pelestarian Cagar Budaya (TPPCB).

TACB memiliki kewenangan menentukan sebuah bangunan itu layak dijadikan cagar budaya atau tidak yang nantinya penetapannya atas persetujuan bupati. Untuk TPCB berperan mendaftarkan cagar budaya tersebut sebelum masuk ke ranah TACB. Meliputi pengolahan cagar budaya dan terlebih dahulu diusulkan ke bupati. Terakhir TPPCB bertugas menangani persengketaan cagar budaya dan dilanjutkan dengan penyelamatan cagar budaya tersebut.

Kasi Sejarah Permuseuman dan Kepurbakalaan Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Lilik Ngesti mengatakan ketiga tim itu bakal bekerja tahun ini. ”Sebelumnya kami sudah punya TPCB dan TPPCB. Tetapi belum punya TACB sehingga kami TPCB dan TPPCB belum bisa bekerja,” terangnya.

Menurut Lilik, meminjam TACB dari Provinsi tentu mengeluarkan biaya dengan jumlah yang besar. ”Dengan adanya TACB di Kudus tentu kami tidak perlu mengeluarkan biaya,” imbuhnya. (vga)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia