Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Rembang

Makam KH Cholil Harun Selalu Ramai Peziarah setiap Malam Jumat

09 Mei 2019, 15: 04: 02 WIB | editor : Ali Mustofa

MENYATU: Makam KH Cholil Harun dan keluarga berada satu kompleks dengan pemakaman umum di desa setempat.

MENYATU: Makam KH Cholil Harun dan keluarga berada satu kompleks dengan pemakaman umum di desa setempat. (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Kusno, juru kunci kompleks makam KH Cholil Harun mengungkapkan, pada hari-hari tertentu, banyak peziarah yang datang ke sana. Seperti menjelang Ramadan, jelang haul, bahkan terkadang pada malam Jumat juga banyak peziarah yang datang.

”Kalau pas malam Jumat itu pasti ramai. Pernah dari Semarang datang 37 bus datang, khataman di sini,” terang Kusno.

Meski merupakan sosok kiai yang berpengaruh, namun makam Kiai Cholil berada di pemakaman umum. Makamnya bersanding dengan keluarga besarnya dalam sebuah cungkup. Selain Kiai Cholil, juga terdapat makam KH Chamzawi, KH Bisri Mustofa, KH Suyuti Cholil, KH Cholil Bisri, KH Adib Bisri, KH Umar Faruq, serta Hj Faridah.

”Ini pemakaman umum. Di sini juga ada makam warga yang tidak beragama Islam,” tutur Kusno.

Tampak, tak jauh dari cungkup memang terdapat makam dengan lambang agama lain. Hal itu mengisyaratkan bahwa keluarga besar KH Cholil Harun dan masyarakat setempat memiliki toleransi yang sangat baik.

Kusno menyebut, menjelang Pemilu 2019 beberapa pekan lalu, jumlah peziarah melonjak besar dan datang dari berbagai daerah. Hal itu, tentu tak lepas dari ilmu tinggi Kiai Cholil, sehingga warga yang datang berharap barokah dari Allah. ”Ini cungkupnya juga baru. Yang mbangun Mbah Cholil Bisri,” terangnya. 

(ks/ful/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia