Selasa, 21 May 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Persaingan Ketat di DPRD Grobogan, PPP Geser Golkar Duduki Wakil Ketua

07 Mei 2019, 10: 18: 11 WIB | editor : Ali Mustofa

Persaingan Ketat di DPRD Grobogan, PPP Geser Golkar Duduki Wakil Ketua

GROBOGAN – Penghitungan suara partai pada Pemilu 2019 di Kabupaten Grobogan telah selesai dilakukan  KPU Grobogan. Hasil prediksi sementara ini, posisi calon ketua DPRD Grobogan tetap dipegang PDI Perjuangan Grobogan dengan 19 kursi. Sedangkan tiga wakil Ketua DPRD akan dipegang PKB (tujuh kursi), Gerindra dan PPP (masing-masing lima kursi). Golkar harus puas digeser PPP.

Pada Pemilu 2014 lalu jabatan wakil ketua DPRD Grobogan diduduki oleh PKB, Golkar, dan Gerindra. Saat itu PKB mendapatkan tujuh kursi, Golkar enam kursi, dan Gerindra lima kursi. Namun, pada Pemilu 2019 ini Golkar diprediksi hanya mendapatkan tiga kursi. Maka kursi wakil Ketua DPRD akan diambil PPP. Demikian, keputusan siapa yang duduki ketua dan wakil ketua di dewan tetap nunggu hasil hitungan KPU.

Sementara raihan partai lainnya di Pemilu 2019 Demokrat dua kursi, PKS dua kursi, PAN satu kursi, dan Berkarya satu kursi. Ketua DPC PPP Moch Fattah mengatakan, perolehan suara pada Pemilu 2019 naik satu kursi dibandingkan pemilu sebelumnya. Di tahun itu partainya mendapatkan empat kursi.

”Melihat hasil perhitungan. PPP bisa menduduki kursi wakil ketua DPRD Grobogan,” kata Moch Fatah.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menyatakan, perhitungan suara pada Pemilu 2019 telah selesai dilakukan. Tahapan selanjutnya akan dilakukan rapat pleno di tingkat provinsi Jawa Tengah pada 7 Mei 2019.

”Untuk ketentuan kursi adalah wewenang KPU RI yang dilaksanakan pada 22 Mei secara nasional,” terang dia. 

(ks/mun/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia