Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Peduli Persoalan Lingkungan

06 Mei 2019, 15: 42: 40 WIB | editor : Ali Mustofa

Zulfia Iliyati

Zulfia Iliyati (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

ZULFIA Iliyati memang suka bersosial. Apalagi jika menyangkut tentang kepedulian lingkungan. Ini terlihat saat aksi hari bumi beberapa waktu lalu. Ia ramah dan semangat memberikan selebaran tentang tata cara merawat lingkungan.

Pesan selebaran itu seperti tak membuang sampah sembarangan, menggunakan listrik secukupnya, dan aktivitas menjaga lingkungan lainnya. Tentunya aktifivas sederhana itu dapat dilakukan sendiri dalam kehidupan sehari-hari.  

Teman-teman dekatnya banyak yang belum tahu cara memperingati hari bumi. Ini menjadi alasan cewek kelahiran Kudus, 22 Desember 1997 ini antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Ia juga baru menunjukkan kepedulian lingkungan pada semester dua di Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK) dengan bergabung di komunitas Muria Research Center (MRC) Indonesia. Sebuah komunitas yang berkonsentrasi terhadap isu-isu lingkungan.

”Basic saya di sosial. Jadi saya sukanya ya kegiatan kaya gini (peduli lingkungan, Red). Kalau di ilmu psikologi sosial kan bisa masuk juga,” kata mahasiswi yang saat ini menginjak semester VI ini.

Ia mengaku, banyak manfaat yang didapatkan. Seperti mengetahui tanggal-tanggal penting. ”Kayak hari bumi, hari lingkungan,” kata perempuan berhobi traveling ini.

Kegiatan-kegiatan seru juga menjadi manfaat tersendiri baginya. Seperti menyebarkan selebaran saat hari bumi, atau aksi di Rahtawu saat peringatan hari lingkungan. Selain itu ilmu psikologi yang didapatkan di bangku kuliah juga bisa diaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan seperti ini.

Zulfia mengatakan, dalam ilmu psikologi ada beberapa sub disiplin ilmu lainnya. Seperti psikologi sosial dan psikologi lingkungan.

Ia berharap, dari kalangan masyarakat dan remaja mulai menyadari pentingnya merawat bumi. Dengan aksi-aksi sederhana. Seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan. (vah)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia