Selasa, 25 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Rekapitulasi Selesai, Kotak Suara Pemilu Dikirim ke Propinsi

06 Mei 2019, 13: 28: 42 WIB | editor : Ali Mustofa

KIRIM HASIL REKAPITULASI: Petugas sedang membawa kotak suara yang berisi hasil rekapitulasi suara pemilu di Kabupaten Kudus untuk dikirimkan ke KPUD Propinsi Jateng, Sabtu (4/5) kemarin.

KIRIM HASIL REKAPITULASI: Petugas sedang membawa kotak suara yang berisi hasil rekapitulasi suara pemilu di Kabupaten Kudus untuk dikirimkan ke KPUD Propinsi Jateng, Sabtu (4/5) kemarin. (DIYAH AYU FITRIYANI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS Proses rekapitulasi suara hasil pemilu di tingkat kabupaten telah selesai. Untuk proses selanjutnya, KPU Kabupaten Kudus melakukan pengiriman kotak suara pemilu 2019 ke KPUD Propinsi Jawa Tengah, Sabtu (4/5) kemarin. Untuk memastikan keamanan pengiriman, sejumlah personel dari Polres Kudus, Kodim 0722 Kudus, dan Bawaslu turut mengawal hingga ke lokasi tujuan.

Dalam proses pengamanan kemarin dipimpin langsung oleh Kapolres Kudus AKBP Saptono. Belum diberangkatkan dari kantor KPU Kabupaten Kudus, Saptono memberikan arahan kepada seluruh personel yang terlibat. Agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. ”Pastikan logistik pemilu itu sampai ke lokasi tujuan dengan aman dan lengkap,” ujarnya.

Dalam pengamanan itu ada 10 personel dari kepolisian, 5 personel dari Kodim 0722 Kudus, dari KPU Kabupaten Kudus, dan beberapa personel dari Bawaslu Kabupaten Kudus.

Hingga saat ini, Polres Kudus mengaku tetap melakukan operasi cipta kondisi untuk memastikan keadaan tetap aman. Saptono juga mengimbau kepada masyarakat ataupun tokoh masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas sampai nanti ada pengumuman resmi dari KPU Pusat.

Sementara itu, Ketua KPU Naily Syarifah menjamin keamanan hasil perhitungan suara yang dikirim ke KPUD Propinsi Jawa Tengah kemarin. Sebab, hasil tersebut sudah dimasukkan dalam kotak suara yang sudah tersegel. ”Adapun yang dikirim adalah DB1 berisi PPWP, DPR RI, DPD dan DPRD PROV,” jelasnya.

Selanjutnya, Ketua KPU Kudus yang didampingi Kapolres Kudus, Bawaslu dan Danramil Kota mengibarkan bendera start pemberangkatan Kota Suara yang mendapatkan pengawalan ketat dari Polres Kudus dan Kodim 0722 Kudus.

Terkait hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten, sudah bisa diakses masyarakat. KPU Kabupaten Kudus sudah menempelkan di papan pengumuman dan di website.

(ks/daf/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia