Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Dapat 19 Kursi DPRD Grobogan, PDI Perjuangan Ulang Kejayaan 1999

06 Mei 2019, 10: 49: 33 WIB | editor : Ali Mustofa

Dapat 19 Kursi DPRD Grobogan, PDI Perjuangan Ulang Kejayaan 1999

GROBOGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan telah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019. Rekapitulasi ini, menghitung suara mulai pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Jawa Tengah, hingga DPRD kabupaten.

Perolehan suara untuk pasangan Capres-Cawapres 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Kabupaten Grobogan mendapatkan 735.446 suara. Sedangkan pasangan Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno mendapatkan 124.997 suara.

Sedangkan hasil dari penghitungan calon DPRD Grobogan, PDI P Grobogan berhasil menjadi pemenang dengan mendapatkan perolehan 19 kursi. Disusul PKB tujuh kursi, Gerindra tujuh kursi, PPP tujug kursi, Hanura tujuh kursi, Golkar tujuh kursi, Demokrat dua kursi, PKS dua kursi, PAN satu kursi, dan Berkarya satu kursi.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo mengatakan, hasil penghitungan dari DB 1 akan diserahkan kepada KPU RI. Siapa saja nanti kepastian yang jadi dewan di Kota Swieke menunggu hasil dari perhitungan tingkat pusat pada 22 Mei mendatang.

”Proses Pemilu 2019 dan perhitungan suara di Kabupaten Grobogan telah selesai. Hasilnya kami serahkan pusat. Selama pelaksanaan lancar dan tidak ada kendala karena tidak ada pemilihan ulang,” kata dia.

Terpisah, Ketua Bawaslu Grobogan Fitri Nita Witanti menyatakan, selama pelaksanaan Pemilu 2019 belum ada laporan masuk ke Bawaslu Grobogan. Baik terkait dengan pelanggaran pemilu dan protes selama perhitungan surat suara.

” Selama pelaksanaan pemilu di Grobogan semua berjalan lancar. Sampai sekarang belum ada laporan pelanggaran (pemilu). Jika ada, nanti langsung kami proses,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni memberikan apresiasi pelaksanaan Pemilu 2019 di Grobogan telah berjalan lancar, aman, tertib, dan damai. Dia berharap, caleg yang terpilih bisa membangun dan membawa aspirasi dari masyarakat.

”Saya berharap semua warga Grobogan menghormati proses demokrasi, Pemilu 2019 ini. Hasilnya ini diharapkan bisa membantu pembangunan daerah.” terang dia.

Bupati menambahkan, partisipasi pemilih hampir 85 persen. Banyaknya partisipasi pemilih ini, dinilai karena masyarakat sadar untuk ikut membangunan lima tahun ke depan. ”Partisipasi pemilih sampai 85 persen ini sangat luar biasa,” tandasnya.

Sekretaris DPC PDI P Grobogan Agus Siswanto menuturkan, hasil perolehan kursi DPRD Grobogan di Pemilu 2019 PDI P mendapatkan 19 kursi. Jumlah tersebut sama dengan perolehan kursi di dewan pada Pemilu 1999 silam.

”Kami (PDI P, Red) mendapatkan 19 kursi. Ini mengulang kejayaan pada Pemilu 1999 lalu. Sama-sama memperolehan jumlah kursi terbanyak,” ujarnya.

(ks/mun/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia