Selasa, 25 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Raih Kursi DPRD Blora Terbanyak, PDIP Kudeta Demokrat

04 Mei 2019, 06: 46: 20 WIB | editor : Ali Mustofa

Raih Kursi DPRD Blora Terbanyak, PDIP Kudeta Demokrat

BLORA – Partai Demokrat harus gigit jari. Sesuai prediksi perolehan sementara kursi DPRD Blora, Demokrat hanya meraih tiga kursi. Padahal pada Pemilu 2014 meraih kursi terbanyak dengan total delapan. Pada Pemilu 2019, giliran PDIP yang akan menguasai DPRD Blora dengan raihan sembilan kursi. Itu perolehan kursi paling banyak.

Rekapitulasi surat suara tingkat kabupaten terus dikebut. Namun, nama-nama yang bakal menduduki kursi dewan sudah dapat diprediksi. Baik nama, partai dan perolehan kursinya.

Dari data yang Jawa Pos Radar Kudus dapatkan, PDIP dimungkinkan bakal menduduki jabatan ketua DPRD. Partai berlambang banteng ini berhasil meraih sembilan kursi dengan total suara sekitar 84.429. Naik Tiga kursi dari Pemilu 2014 yang mendapat enam kursi.

Disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan delapan kursi. Perolehan suara PKB secara keseluruhan memang lebih banyak dari PDIP, dengan total sekitar 101.068. Namun, perolehan kursi PKB masih dibawah PDIP. PKB meraih delapan kursi.

Urutan ketiga diraih oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem). Yaitu dengan perolehan suara 97.265. Partai pengusung Bupati Blora Djoko Nugroho ini berhasil meraih tujuh kursi. Selanjutnya adalah Partai Golongan Karya (Golkar) dengan lima kursi. Partai berlambang pohon beringin ini juga berhasil memperoleh suara 48.506. Disusul Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sama-sama mendapat lima kursi. Dengan total suara 44.776 suara. Disusul Partai Demokrat dengan tiga kursi, PKS tiga kursi, Gerindra dua kursi, Hanura dua kursi, dan Perindo satu kursi.

Ketua DPC PDIP M Dasum mengaku, perolehan itu berkat perjuangan dari kader, simpatisan, mesin partai, para caleg, dan lainnya. Itu sesuai dengan perkiraan partai tersebut. ”Sejak awal kita yakin meraih sembilan kursi. Meski banyak yang tidak percaya,” imbuhnya.

Melejitnya kursi PDIP ini secara otomatis menggilas Partai Demokrat yang periode 2004-2019 kemarin meraih kursi terbanyak. Sebab dengan sembilan kursi tersebut, bisa dipastikan ketua DPRD Blora berasal dari PDIP.

Sementara itu, Dari 45 anggota DPRD Blora, diperkirakan hanya menyisakan 20 wajah lama. Sisanya merupakan wajah baru. Apalagi empat incumbent tidak ikut bertarung dalam Pemilu tahun ini. Yaitu Ketua DPRD Periode 2014-2019 Bambang Susilo. Lainnya  Bambang Sulistya, Kartini, dan Susanto.

Dari 20 Incambent yang dimungkinkan gagal meraih kursi DPRD tahun ini adalah Chadziq Isninanto, Parsidi, EdiPurwanto, Mulyono, Darsono, Siti Nur Chanifah, Wahono, Joko Mugiyanto, Yudhi Kristiyanto, Lusiyono, Sutamsu, Eko Asmoyo, Riyadi, Rajiman Santarko, Iffah Hermawati, Agung Pambudi, Sugiyanto, Joko Supratno, Handayani dan Aminuddin.

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia