Kamis, 21 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Torehkan Sejarah, PDIP Gaet Dua Kursi di DPR RI Dapil II Jateng

03 Mei 2019, 14: 13: 27 WIB | editor : Ali Mustofa

Torehkan Sejarah, PDIP Gaet Dua Kursi di DPR RI Dapil II Jateng

KUDUS – PDIP diprediksi mampu menyabet perolehan dua kursi di DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah (Kudus, Demak dan Jepara). Dari dua nama itu, salah satunya putra daerah berhasil menduduki kursi DPR RI, yakni mantan Bupati Kudus Musthofa. 

Sekertaris PDIP Achmad Yusuf Roni, mengungkapkan, perolehan suara PDIP untuk DPR RI Dapil II di Kudus mampu mencapai 126 ribu suara. Sedangkan untuk Caleg DPR RI Musthofa mampu mendapatkan suara terbanyak di Kabupaten Kudus. Yakni sebesar 80 ribuan.

Dia menegaskan, lumbung suara Musthofa terdapat di Kabupaten Kudus. Kemudian nama kedua yang berhasil lolos Gilang Dhielafararez. Pria kelahiran Jepara itu mampu mengumpulkan suara 15 ribu suara di Kudus. Di bawah Musthofa untuk pemilu di Kudus.

“Suara yang diraih Pak Musthofa di Kabupaten Kudus memiliki suara tertinggi, dengan 80 ribu suara. Lalu diikuti oleh Mas Gilang,” katanya saat ditemui Rapat Pleno rekapitulasi suara tingkat Kabupaten di Griptha.

Yusuf menambahkan, target dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sudah terpenuhi. Sebelumnya DPP menargetkan dua kursi dari Dapil II (Kudus, Demak, Jepara). Untuk empat tahun lalu PDIP hanya memperoleh satu kursi DPR RI di Dapil II.

Dengan harapan banyaknya wakil dari PDIP di Senayan,  setiap usulan dari daerah kepada pemerintah pusat lebih bisa diperjuangkan untuk direalisasikan.Untuk perolehan suara keseluruhan di Dapil II Musthofa mampu menggait suara sebanyak 93 ribu suara. Sedangkan Gilang Dhielafararez berhasil mengumpulkan suara sebesar 127 ribu.

Tak hanya PDIP yang menyatakan peroleh dua kursi. Partai Nasdem juga menyatakan peroleh dua kursi DPR RI dari daerah pemilihan 2 Jawa Tengah. Berdasarkan penghitungan internal sementara, Partai Nasdem memperoleh 250.000 lebih suara.

Tim pemenangan Partai Nasdem, Hendi mengatakan, pihaknya telah menghitung internal dari saksi yang tersebar di tiga kabupaten. Pantauan rekapitulasi di kecamatan dan kabupaten juga telah dilaksanakan. Data rekapitulasi itu kemudian dikirim kepada tim pemenangan untuk direkap sebagai pemetaan internal partai.

“Dasarnya, penghitungan dan pemetaan suara di internal partai. Kami masih menunggu secara resmi dari KPU. Namun kami yakin Nasdem dapat dua kursi. Pengawalan jumlah suara tetap kita lakukan di lapangan,” katanya.

Perolehan suara Nasdem secara nasional turut mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil real count dari KPU, Partai Nasdem sekarang menempati posisi keempat dengan persentase 10 persen total suara nasional.

Sementara itu, di Dapil 2 Jateng perolehan suara tertinggi caleg Partai Nasdem menjadi milik Lestari Moerdijat dengan perolehan suara sementara lebih dari 170 ribu. Konsistensi Partai Nasdem dalam menjaring caleg-caleg yang mempunyai elektabilitas di tiap dapil, terutama Dapil 2 Jateng yang membuat perolehan suara meningkat. Tak hanya mengedepankan popularitas, Nasdem juga menjunjung elektabilitas setiap calon di masing-masing dapil. (gal)

(ks/war/zen/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia