Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Prediksi Hasil Pileg: PPP Geser Dominasi Kursi PDIP di DPRD Jepara

03 Mei 2019, 14: 00: 47 WIB | editor : Ali Mustofa

Prediksi Hasil Pileg: PPP Geser Dominasi Kursi PDIP di DPRD Jepara

JEPARA – Prediksi hasil pemilihan legislatif (pileg) tingkat Kabupaten Jepara memunculkan perubahan peta perolehan kursi dari pemilu sebelumnya. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berhasil menguasai lima daerah pemilihan (dapil) di Kota Ukir dengan 10 kursi. Tiap dapil memiliki dua kursi. Perolehan ini meningkat satu kursi dari Pemilu 2014 lalu.

Jumlah tersebut menggeser dominasi perolehan kursi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai berlambang banteng moncong putih ini, sebelumnya mendapatkan 10 kursi. Saat ini berkurang menjadi delapan kursi. Tiga dapil masing-masing berhasil meraih dua kursi. Sedangkan dua dapil lain, masing-masing menghasilkan satu kursi. Dua kursi yang berhasil diamankan PDIP ada di dapil 1, 2, dan 5. Sedangkan satu kursi masing-masing diamankan PDIP di dapil 3 dan 5.

Dengan prediksi perolehan ini, Taman Sari -julukan gedung DPRD Jepara- yang sebelumnya dikuasai PDIP, pada pemilu tahun ini giliran partai berlambang ka’bah yang berkuasa di Taman Sari.

Di tempat ketiga perolehan kursi terbanyak, diduduki Partai Nasdem yang meraih tujuh kursi. Capaian ini meningkat dua kursi dari pemilu sebelumnya yang hanya mengamankan lima kursi. Di bawah Nasdem ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang membuntuti dengan enam kursi. Artinya posisi empat besar diisi oleh PPP, PDIP, Nasdem, dan PKB.

Partai Gerindra yang sebelumnya masuk empat partai dengan kursi terbanyak mengalami penurunan perolehan kursi. Pada 2014 lalu, Partai Gerindra berhasil mendapatkan delapan kursi. Sedangkan tahun ini diprediksi hanya dapat lima kursi. Atau berkurang tiga kursi dari pemilu sebelumnya.

Dinamika juga terjadi pada perolehan kursi partai yang baru menjadi peserta pesta demokrasi tahun ini. Perindo salah satunya. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo melejit dengan dua perolehan kursi. Partai Berkarya berhasil mengamankan satu kursi, meski kedua partai ini secara nasional diprediksi tidak meloloskan calegnya ke Senayan. Partai Hanura juga memperoleh satu kursi. Mempertahankan capaian pemilu sebelumnya.

Ketua DPC Partai Nasdem Jepara Pratikno mengatakan, pihaknya sebenarnya menargetkan 10 kursi. Namun hanya tujuh kursi yang berhasil diraih. Pihaknya tetap bersyukur. Sebab, dibandingkan dengan partai lain, Nasdem mengalami kenaikan dua kursi. Sedangkan partai lain sebagian besar mengalami penurunan. ”Yang turun dan tetap banyak. Yang tambah kursi sebagian. Hanya Nasdem sebagai partai lama yang dapat tambahan dua kursi,” katanya.

Terpisah, salah satu caleg dari PPP dapil 4 (Mayong, Nalumsari, Welahan), Haizul Maarif mengapresiasi mesin partai yang berjuang memenangkan partai berlambang kakbah ini. Secara nasional partainya diakui mengalami penurunan perolehan suara. Namun di Jepara PPP tetap berjaya. ”Artinya kami masih diberi kepercayaan masyarakat untuk membawa Jepara semakin baik. Sambil kita tunggu hasil resmi KPU,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD Perindo Jepara Masrikan menuturkan, partainya saat ini meraih hasil paling baik dibandingkan DPD Perindo tingkat kabupaten kota di Jawa Tengah (Jateng). ”Daerah lain masih banyak yang tidak dapat kursi. Ada pula yang satu kursi. Jepara saja yang dapat dua kursi,” paparnya.

(ks/lin/war/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia