Kamis, 21 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Politik

21 Wajah Baru Huni Kursi DPRD Grobogan, Ini Nama-Namanya

03 Mei 2019, 10: 56: 32 WIB | editor : Ali Mustofa

21 Wajah Baru Huni Kursi DPRD Grobogan, Ini Nama-Namanya

GROBOGAN – Hasil sementara perolehan suara Pileg DPRD Grobogan, ada 21 wajah lama yang diprediksi tak duduk lagi di kursi dewan. Beberapa diantaranya ada yang tahun ini tak mencalonkan diri lagi, ada juga yang maju ke DPRD Provinsi Jateng, ada pula yang perolehan suaranya kalah dengan caleg lain.

Dari jumlah itu, empat diantaranya Fraksi PDI P yaitu Sri Setyowati dan Purwadi (keduanya tidak mencalonkan diri), Dekky Kennedi Jatmiko Putro dan Siswati Budiyani tidak lolos dalam Pileg. Kemudian empat dari Golkar terdiri Joko Sudiyono, Puji Lestari, dan Daryanto tidak lolos. Sedangkan Sutrisno tidak mencalonkan diri.

Partai Gerindra ada tiga orang lama hilang. Yaitu Santoso, Riyadi, dan Supratoyo. Sementara untuk Nasdem empat anggota dewan satu fraksi tidak ada yang lolos. Yaitu Sumadi, Budi Irawan, Moch Amin, Pirman. Partai PAN ada Sardjono yang mencalonkan diri untuk DPRD Provinsi Jateng. PKB ada dua orang, Agus Dwi Priyanto dan Subkhan Zuhri. Kemudian satu dewan dari PKS Amin Rois Abdul Ghoni. Ditambah lagi dua anggota DPRD Demokrat. Yakni Lilik dan Sriwiyati.

Sementara itu, hasil penghitungan sementara kursi PDI P Grobogan bertambah. Dari 12 kursi menjadi 19 kursi pada Pemilu 2019 ini. Sedangkan partai PKB mendapatkan tujuh kursi. Disusul Gerindra lima kursi, PPP lima kursi, dan Hanura lima kursi. Selanjutnya Golkar tiga kursi, PKS dua kursi, Demokrat dua kursi, PAN satu kursi, dan Berkarya satu kursi.

Sekretaris DPC PDI P Grobogan Agus Siswanto membenarkan, partainya telah mengantongi 19 kursi. Penambahan tersebut ada di dapil 1,2,3, dan 5. Dapil 4 masih tetap dua kursi. Rincian kursi PDI P, dapil satu mendapatkan empat kursi, dapil 2 mendapatkan empat kursi, dapil 3 mendapatkan empat kursi dan dapil 5 mendapatkan lima kursi.

Ketua DPC PKB Grobogan HM Nurwibowo mengatakan, hasil penghitungan sementara partai yang dipimpinya masih mendapatkan tujuh kursi. Meski demikian, suara yang didapatkan partai bertambah dibandingkan dengan Pemilu 2014 lalu.

”Hasil sementara masih tujuh kursi. Apa nanti bisa bertambah jadi delapan kursi masih menunggu hasil penghitungan KPU Grobogan,” ujarnya.

Hal sama juga diungkapkan Ketua DPC PPP Grobogan Moch Fatah. Dia mengaku, partainya mendapatkan tambahan satu kursi di dapil 1 untuk Kecamatan Purwodadi, Toroh, dan Geyer. ”Kami ada tambahan satu kursi lagi. Jadi ada tambahan kursi di DPRD Grobogan bisa menjadi lima kursi,” ujarnya.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo mengatakan, penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Kyriad Grand Master Hotel Purwodadi. Penghitungan dimulai Kamis (2/5) kemarin. Dalam penghitungan tersebut, KPU mengundang Bawaslu, parpol peserta Pemilu, saksi, KPPS.

”Kami rencanakan penghitunganya selesai dalam waktu dua hari. Kami lakukan secara terbuka kepada semua parpol, saksi, KPPS dan Bawaslu,” kata dia.

(ks/mun/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia