Senin, 20 May 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Peringati Hari Kartini, TK Muslimat Nawa Kartika Keliling Naik Dokar

24 April 2019, 11: 53: 01 WIB | editor : Ali Mustofa

KUNJUNGI PENDAPA: Anak-anak TK Muslimat NU Nawa Kartika foto bersama dengan Wabup Kudus Hatopo dan istri Mawar Hartopo di Pendapa Kabupaten Kudus.

KUNJUNGI PENDAPA: Anak-anak TK Muslimat NU Nawa Kartika foto bersama dengan Wabup Kudus Hatopo dan istri Mawar Hartopo di Pendapa Kabupaten Kudus. (TK MUSLIMAT NU NAWA KARTIKA FOR RADAR KUDUS)

KUDUS – TK Muslimat NU Nawa Kartika memperingati Hari Kartini dengan menggelar karnaval keliling Kota Kudus dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Didampingi guru, peserta didik yang berjumlah 121 anak ini, keliling Kudus dengan naik dokar.

Sebelumnya karnaval diberangkatkan, mereka singgah di Pendapa Kabupaten Kudus. Mereka bertatap muka dengan Wakil Bupati Kudus Hartopo beserta istri, Mawar Hartopo didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo serta Kabid Dikdas Suharto. Rombongan karnaval kemudian dilepas Hartopo di depan pendapa kabupaten dan finish di Balai Jagong. Kemudian dilanjutkan ramah tamah.

Menurut Zulfa Rida, kepala TK Muslimat NU Nawa Kartika, ini merupakan puncak peringatan Hari Kartini di TK-nya dengan mengangkat tema ”Negaraku”. Anak-anak juga diajak masuk lingkungan pendapa supaya anak-anak mengenal pusat pemerintahan Kabupaten Kudus.

BERANGKAT: Wakil Bupati Kudus Hartopo didampingi istrinya, Mawar Hartopo membuka start iring-iringan karnaval dokar TK Muslimat NU Nawa Kartika di Pendapa Kabupaten Kudus kemarin.

BERANGKAT: Wakil Bupati Kudus Hartopo didampingi istrinya, Mawar Hartopo membuka start iring-iringan karnaval dokar TK Muslimat NU Nawa Kartika di Pendapa Kabupaten Kudus kemarin. (TK MUSLIMAT NU NAWA KARTIKA FOR RADAR KUDUS)

”Hari ini (kemarin, Red) merupakan acara kedua. Pada Senin (22/4) lalu, juga ada acara yang sama, keliling Kota Kudus yang diikuti 149 peserta didik. Tapi tidak mampir ke pendapa,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya mengajak anak-anak memperingati Hari Kartini juga sebagai pengetahuan tentang perjuangan para pahlawan. Supaya menjadi contoh anak-anak, agar lebih giat belajar, tak lupa berdoa, serta meminta restu orang tua.

”Perjuangan RA Kartini patut dicontoh dan diteladani anak-anak sebagai bentuk pendidikan karakter. Pahlawan-pahlawan lain juga kami kenalkan. Selain itu, anak-anak juga tahu tentang sejarah perjuangan demi bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo menambahkan, anak-anak perlu dikenalkan perjuangan para pahlawan sejak dini. Sejarah Indonesia dikenalkan dengan cara yang sederhana, seperti karnawal kebangsaan ini. Harapannya, ini mengena untuk anak-anak.

”Dengan memperingati Hari Kartini, harapannya anak-anak meneladani semangat dan perjuangan para pahlawan. Mengenal sejarah itu penting, sehingga kelak saat anak-anak dewasa tak lupa dengan perjuangan pahlawan. Ini sebagai wujud pendidikan karakter,” imbuhnya.

(ks/san/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia