Selasa, 21 May 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Persaingan Ketat, Belasan Caleg Petahana Diprediksi Tumbang

23 April 2019, 14: 50: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

Persaingan Ketat, Belasan Caleg Petahana Diprediksi Tumbang

KOTA – Dengan prediksi hadirnya sejumlah wajah baru di kursi legislatif Kota Garam, maka sudah tentu ada nama-nama petahana yang “dikorbankan” karena tak berhasil mencapai suara sesuai target.  Meski, sebenarnya partai dari caleg tersebut mendapat suara signifikan secara keseluruhan.

Salah satunya yakni PPP. Partai berlambang kakbah itu secara keseluruhan perolehan suaranya naik. Dan, dengan perolehan suara yang naik itu, pihak partai pun optimis bisa menambah perolehan kursi, dari sebelumnya 10 kursi. Meski, saat ini masih dalam hitung-hitungan.

Berdasarkan prediksi, dari semua caleg petahana asal PPP, ada lima yang tipis kemungkinan duduk lagi di kursi legislatif. Kelimanya yakni, Zaimul Umam, Mokhammad Zaenuri,  Muhammad Anshori, Nur Hasyim, serta Henri Purwoko.

Ketua DPC PPP Rembang Kamil Majid mengungkapkan, secara keseluruhan di 14 kecamatan, kecuali Sarang, perolehan suara partainya memang naik. Namun, diakuinya ada beberapa caleg petahana dalam posisi yang sulit menembus kursi legislatif kembali.

”Untuk 4 caleg, memang belum (memenuhi suara). Tapi untuk Gus Umam masih menunggu. Masih perebutan kursi kedua dengan partai lain,” ungkap pria yang disapa Gus Kamil itu.

Lebih lanjut, putra Mbah Moen itu menerangkan, mengenai fenomena caleg petahana gagal menembus kembali kursi legislatif juga dialami partai lain. Dan, hal itu berdasarkan kesiapan masing-masing caleg.

”Kesiapan masing-masing. Partai lain juga sama,” tambah Gus Kamil yang juga Ketua DPRD Rembang itu.

Ada 14 caleg petahana yang tercatat kemungkinan besar tak mampu menembus suara minimal. Selain lima dari PPP tersebut, ada masing-masingdua caleg dari Demokrat dan Gerindra. Serta masing-masing satu caleg asal Nasdem, Golkar, PAN, Hanura, PKB, dan PKS.

Dari 45 penghuni kursi angota DPRD Rembang saat ini, sebanyak 9 di antaranya memang tidak mencalonkan kembali, atau ada 36 yang mencalonkan kembali. Dari jumlah itu, ada 15 yang diprediksi gagal lolos.

Sebagai informasi, M. Nur Hasan asal Hanura, yang sebelumnya sempat hampir tidak lolos persyaratan KPU karena berstatus mantan koruptor, jusrtu berpeluang besar kembali duduk di kursi legislatif.

Sekali lagi prediksi dalam koran ini tidak ada hubungannya dengan KPU Rembang. Prediksi narasumber internal untuk menjawab penasaran masyarakat Kota Garam akan calon wakilnya.

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia