Selasa, 21 May 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Real Count Sementara KPU, PDIP Kuasai Kursi Legislatif Pati

23 April 2019, 12: 08: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

Real Count Sementara KPU, PDIP Kuasai Kursi Legislatif Pati

KOTA - Dari hasil real count KPU sementara, PDI Perjuangan mendapat perolehan suara tertinggi di Kabupaten Pati untuk pemilihan umum legislatif DPRD kabupaten. Menurut prediksi, seperti dari tim sukses, partai moncong putih tersebut setidaknya akan menguasai DPRD Kabupaten Pati dengan perolehan 10 kursi.

Di situs KPU, partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut sudah meraih 16,72 persen. Disusul Partai Gerindra dengan perolehan 14,1 persen, dan Nasdem 14 persen. Partai-partai yang di Pemilu 2014 lalu berhasil masuk dewan, tahun ini diprediksi bakal kembali lagi duduk di kursi wakil rakyat.

Prediksi sementara hingga saat ini di daerah pemilihan Pati 1, wajah-wajah lama masih akan menghiasi gedung dewan. Seperti Noto Subiyanto (PDI Perjuangan) Wisnu Wijayanto (Gerindra), Joni Kurnianto (Demokrat).

Meskipun begitu, nama-nama baru juga mulai bermunculan untuk menduduki kursi dewan. Seperti di daerah pemilihan Pati III yang meliputi Juwana, Batangan, Trangkil, dan Wedarijaksa. Muncul nama-nama baru yang diperkirakan melenggang menduduki kursi dewan. Seperti Yetty Kristianti dari Partai Gerindra. Ada juga di daerah pemilihan Pati 4 yang meliputi Jaken, Jakenan, Winong, Pucakwangi. Muncul nama politisi baru seperti Suwarno dari PDI Perjuangan.

Salah satu kader Partai Nasdem, Didin Hasanudin mengungkapkan, pemilu kali ini akan menempatkan wajah-wajah baru di kursi dewan. Tak terkecuali dengan partainya. ”Yang saya amati banyak yang baru. Saya sendiri sepertinya ketinggalan kereta. Di partai saya sendiri banyak yang pendatang baru yang akan lolos ke DPRD,” kata pria yang saat ini menduduki jabatan sebagai Ketua Badan Pembuatan Perda DPRD Kabupaten Pati ini.

Sementara itu, data yang disajikan Jawa Pos Radar Kudus belum lengkap 100 persen. Masih ada suara yang belum masuk rekap. Diantaranya ada di dapil Pati 1, dimana data dari Kecamatan Kota belum masuk, begitu juga untuk data dari dapil Pati 5, dimana Kecamatan Sukolilo belum masuk.

Seperti diketahui, untuk penempatan kursi-kursi tersebut sifatnya baru sebatas prediksi. Keputusan resmi menunggu penghitungan dari KPU Kabupaten Pati. Saat ini sedang berlangsung input data melalui real count yang bersumber dari scan C1 di luar kotak.

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia