Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Gaji Guru dan Pegawai Tidak Tetap SD/SMP di Jepara Ditransfer Hari Ini

23 April 2019, 10: 59: 22 WIB | editor : Ali Mustofa

Gaji Guru dan Pegawai Tidak Tetap SD/SMP di Jepara Ditransfer Hari Ini

KOTA – Gaji guru dan pegawai tidak tetap SD/SMP di Jepara yang ditanggung anggaran daerah nuggak sejak Januari lalu. Seharusnya gaji diterimakan tiap bulan. Gaji Januari hingga Maret rencananya dirapel hari ini.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono mengatakan, pihaknya telah menandatangani cek pencairan gaji kemarin. Jadi, dipastikan hari ini gaji tersebut tersalurkan. ”Keterlambatan penyaluran ini diakibatkan adanya perubahan data mutasi pegawai sejak awal tahun ini,” katanya.

Selama proses pencairan sebelumnya, pihaknya masih memperbaiki data mutasi sejak awal tahun ini. Perubahan data kepindahan ini, karena masuknya guru pegawai negeri sipil (PNS) hasil perekrutan tahun ini. Sehingga harus ada GTT yang dicarikan sekolah lain untuk memenuhi jam pelajaran.

Menurutnya, gaji bisa ditransfer bulan lalu. Tapi ada rekap salah satu kecamatan yang belum selesai. Sedangkan kecamatan lain sudah beres. Data yang dimiliki dinas kemarin sudah dilengkapi. Juga sudah diinput dan disinkronkan dengan bank.

Bulan Januari, Februari, dan Maret berkas syarat pencairannya telah diselesaikan. Sedangkan gaji April harus menunggu laporan selesai di akhir bulan. Jadi gaji April akan disalurkan awal Mei.

”Setelah PNS masuk, kebutuhan sekolah terhadap tenaga pendidikan sebagian terpenuhi. GTT yang ada di sekolah yang bersangkutan harus dicarikan sekolah lain. Perubahan data ini yang perlu penyesuaian. Sehingga penyaluran agak molor,” tuturnya.

Agus menambahkan, pencairan di awal tahun memang terjadi keterlambatan. Karena perubahan data. Mekanisme pencairan dilakukan dengan bukti administrasi. GTT harus mengajar dulu memenuhi kewajibannya, baru ditransfer haknya yang ditanggung anggaran daerah.

”Setelah awal tahun ini ada penyesuaian data, bulan depan sampai dengan Desember gaji tersalurkan sesuai waktu ketentuan,” tandasnya.

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia