Selasa, 21 May 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Hari Pertama UNBK SMP di Blora Molor 20 Menit Gara-gara Server Ngadat

23 April 2019, 10: 05: 16 WIB | editor : Ali Mustofa

PASTIKAN LANCAR: Plt Kepala Disdik Kabupaten Blora Sugiyono bersama Dewan Pendidikan mengecek pelaksanaan UNBK di salah satu sekolah smp kemarin

PASTIKAN LANCAR: Plt Kepala Disdik Kabupaten Blora Sugiyono bersama Dewan Pendidikan mengecek pelaksanaan UNBK di salah satu sekolah smp kemarin (DINAS PENDIDIKAN BLORA FOR RADAR KUDUS)

KOTAPelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hari pertama diwarnai dengan server ngadat. Sehingga pelaksanaan UNBK sempat molor 15-20 menit.

Kasi Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Slamet Dwi Cahyono mengaku, ada 12.874 siswa dari 145 sekolah yang mengikuti UNBK tahun ini. Terdiri dari 56 SMP negeri dengan 8.628 siswa, 34 SMP swasta dengan 1.201 siswa, satu MTs negeri dengan 197 siswa, dan 54 MTs swasta dengan 2.848 siswa.

Pada pelaksanaan hari pertama kemarin, Slamet tak menampik jika ada beberapa sekolah yang mengalami kendala. Rata-rata memang gangguan pada server. Seperti di MTs An-Anur Galuk, MTs Nurul Huda Ngawen, dan SMPN 2 Cepu. Gangguan server itu berlangsung antara 15 sampai 20 menit.

Slamet menambahkan, akibat server ngadat, pekerjaan memang sempat mundur. Tapi tidak berpengaruh pada waktu pelaksanaan. ”Untuk sesi pertama berlangsung lancar. Sekalipun ada beberapa sekolah yang mengalami gangguan server, namun sudah bisa diatasi dan berjalan lancar,” ucapnya.

Dia menambahkan, dalam UNBK kemarin juga ada lima siswa yang tidak hadir. Sebab sudah keluar dari sekolah, namun masih masuk dalam daftar peserta ujian. Ada juga yang meninggal dunia. Kelima siswa itu terdiri dari Muhammad Nurul Huda (SMP Kartoyudo Kedungtuban), Khoridatu Zaro’ah (MTs Hasyim As’ari Kradenan),  Adriyan Cahyo Pratama (MTs PSM Randublatung), Ristianto (SMP Muhammadiyah 1 Blora), dan I Gusti Satriyo Agung (SMPN 1 Sambong).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sugiyanto mengaku, dari SMP yang kami kunjungi UNBK lancar dan tidak ada kendala. ”Alhamdulillah pelaksanaan UNBK hari pertama dapat berjalan lancar dan tertib. Semoga sampai akhir pelaksanaan nanti selama empat hari. Tidak ada pemadaman listrik dan jaringan internet bisa stabil,” ucapnya.

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia