Minggu, 26 May 2019
radarkudus
icon featured
Blora

Pemkab Blora Gelar Pelatihan fotografi dan videografi untuk Humas OPD

22 April 2019, 15: 47: 43 WIB | editor : Ali Mustofa

BERI MOTIVASI: Sekda Blora Komang Gede Irawadi memberi semangat kepada para peserta workshop fotografi dan videografi yang digelar oleh Bagian Humas dan Protokol Setda Blora.

BERI MOTIVASI: Sekda Blora Komang Gede Irawadi memberi semangat kepada para peserta workshop fotografi dan videografi yang digelar oleh Bagian Humas dan Protokol Setda Blora. (HUMAS PEMKAB BLORA FOR RADAR KUDUS)

KOTA – Pemkab Blora melalui Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) menggelar workshop fotografi dan videografi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum lama ini. Tujuannya, untuk meningkatkan kemampuan sumber daya kehumasan di setiap OPD. Agar semua kegiatan OPD dapat terdokumentasi dengan baik.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Blora Hariyanto mengaku, kegiatan workshop kali ini diikuti 40 orang dari OPD se-Kabupaten Blora.Workshop ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan peningkatan kompetensi sumber daya manusia penyelenggara kehumasan, di lingkungan Pemkab Blora. Selama satu hari, seluruh peserta akan memperoleh pelatihan tentang fotografi dan videografi yang nantinya diharapkan bisa menunjang kegiatan kehumasan di masing-masing OPD.

Menurutnya, workshop ini diberikan kepada OPD karena dokumentasi kegiatan dari sebuah institusi atau organisasi merupakan hal yang sangat penting. Terlebih saat ini hal tersebut sudah menjadi kebutuhan untuk selanjutnya dipublikasikan kepada masyarakat atau pihak luar.

Dengan adanya publikasi dari kegiatan yang telah didokumentasikan dapat meningkatkan citra positif intsitusi atau organisasi tersebut. Dokumentasi dapat pula digunakan sebagai bahan pelaporan dan bukti otentik atas sebuah kegiatan.

”Sehingga setiap OPD harus bisa membuat dokumentasi kegiatan berbentuk foto dan video yang baik. Dalam membuat dokumentasi yang baik ini diperlukan pemahaman yang tepat atas kegiatan tersebut. Sehingga momentum penting yang terjadi dapat tersampaikan secara utuh melalui gambar atau video,” tambahnya.

Pihaknya mengaku, ada dua narasumber yang dihadirkan. Yakni Dwi Prasetyo Budi Santosa seorang fotografer profesional sekaligus kontributor foto majalah National Geographic dari Jogjakarta dan Mamuk Ismuntoro seorang fotografer profesional berbasis jurnalistik, sekaligus seorang videografer, Pendiri Komunitas Matanesia dan Photo Journey Series dari Sidoarjo, Jawa Timur.

Sekda Blora Komang Gede Irawadi mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Bagian Humas dan Protokol. ”Jangan sampai peserta yang datang hanya sekadar ikut memenuhi undangan saja. Namun harus bisa memanfaatkan workshop ini dengan baik, agar ke depan fungsi kehumasan di masing-masing OPD bisa berjalan,” pintanya.

Menurut Sekda, saat ini keterbukaan informasi publik sangat diperlukan terlebih rasa ingin tahu masyarakat terhadap kegiatan pemerintahan sangat tinggi. Sehingga masing-masing OPD diminta agar bisa aktif mengabarkan kegiatannya, melalui berbagai kanal informasi baik dalam bentuk foto dan video.”Selain Setda dan Dinkominfo, saya lihat OPD lain masih minim dalam publikasi kegiatan di media sosial. Dengan adanya workshop ini saya harap nantinya para peserta bisa menjadi petugas kehumasan di OPD nya yang aktif mengirim atau mengunggah kegiatannya dalam website resmi OPD terkait maupun media sosial,” lanjutnya.

Kasubbag Palayanan Informasi dan Dokumentasi pada Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Blora Sri Sudiyarningsih menyampaikan, workshop kali ini merupakan tahap awal untuk pelatihan fotografi dan videografi.

”Setelah workshop, sesuai arahan Pak Sekda, nanti seluruh peserta akan kita buatkan SK petugas kehumasan yang akan mewakili setiap OPD masing-masing. Jadi ke depan mereka akan menjadi mitra kehumasan,” jelas Sri Sudiyarningsih.

Tidak hanya mendapatkan materi, selama workshop, seluruh peserta juga diajari langsung praktik memotret dan membuat video bersama kedua narasumber. Salah satunya hunting foto bersama di acara Dekranasda Expo 2019 yang hari ini digelar di Alun-alun Blora.

Nikmah Diana, salah satu peserta workshop perwakilan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora, merasa senang bisa mengikuti workshop ini. ”Setelah mengikuti pelatihan, akhirnya saya paham bahwa hal-hal sepele yang biasa kita lakukan, seperti membuat video story Whatsapp dengan handphone itu bisa dipelajari agar hasilnya lebih bagus. Terlebih jika bisa mendokumentasikan untuk kegiatan kantor, hasilnya bisa menarik,” ungkapnya.

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia