Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Politik

PKB Klaim Bisa Pertahankan Tujuh Kursi di DPRD Grobogan

22 April 2019, 13: 08: 53 WIB | editor : Ali Mustofa

PKB Klaim Bisa Pertahankan Tujuh Kursi di DPRD Grobogan

PURWODADI – Prediksi perolehan kursi di DPRD Grobogan tetap hasil Pemilu tahun 2019 PDI P masih menjadi pemenang dengan perolehan sampai 17 hingga 18 kursi. Peringkat kedua diprediksi masih dipegang oleh PKB yang optimistis mampu mempertahankan 7 kursi.

Sementara Gerindra diprediksi pegang 5 kursi. Sedangkan partai lainnya Golkar, PPP, Nasdem, PKS, Demokrat, Hanura, PAN bisa berkurang dan bisa bertambah kursi di dewan. Dari perolehan hitungan surat suara sementara orang yang mendominasi jadi anggota DPRD masih wajah lama.

Ketua DPC PKB Grobogan HM Nurwibowo mengaku, perolehan suara PKB di Kabupaten  Grobogan diperkirakan mendapatkan jatah kursi. Sedangkan hasil surat suara alami. Namun, dirinya tetap optimis PKB masih mempertahankan 7 kursi.

”Kami berharap kursi di DPRD masih tetap 7 orang. Saat ini masih nunggu hasil perhitungan yang masih berjalan,” kata dia yang mengaku tujuh orang lama.

Ketua DPC Hanura Setiawan Djoko Purwanto mengatakan, hasil perhitungan sementara partai. Ada dua anggota caleg yang sudah aman untuk jadi anggota DPRD Grobogan. Meski demikian, masih dimungkinkan ada tambahan nantinya yang akan menjadi anggota dewan.

”Anggota dewan yang lolos ada di Dapil satu dan Dapil dua. Kami harapkan nanti ada tambahan kursi lagi,” ujarnya.

Ketua DPC PDI P Grobogan Sri Sumarni mengatakan, tambahan kursi di DPRD Grobogan ada tambahan pasti ada tambahan 5 kursi. Jumlah itu, bisa berubah karena perolehan suara Pemilu PDI P Grobogan mendominasi.

”Jika dihitung bisa dapat 17 sampai 18 kursi. Perolehan kursi ini terbanyak sepanjang sejarah PDI P di Grobogan,” kata dia.

Dikatakan, untuk caleg yang mendapatkan tambahan jadi dewan ada di dapil 1, 2, 3 dan 5. Tambahannya ada satu sampai tiga orang perdapil. Dalam Pemilu 2019 ini, kader PDI ada banyak kader baru yang maju. Dimana ada enam kader muda bisa melenggang menjadi anggota dewan.

”Ini mengulang sejarah perolehan partai PDI P terbanyak pada tahun 2004 lalu. Saat itu, PDI P mendapatkan 16 kursi di DPRD Grobogan,” terang perempuan yang juga menjadi Bupati Grobogan.

Ketua DPD PKS Grobogan Suranto menyatakan, perhitungan dari perolehan suara baru bisa mengamankan kursi DPRD Grobogan. Jumlah kursi yang didapat diharapkan bisa bertahan dapat tiga kursi.

”Untuk sekarang masih perhitungan dan menunggu keputusan KPU,” terang dia.

Bendahara DPD Golkar Wasono Nugroho ketika diminta keterangan tentang hasil kursi yang didapat partai Golkar di Kabupaten Grobogan. Dirinya belum bisa memastikan dan menunggu hasil perhitungan dari Kecamatan yang saat ini masih dalam proses.

”Kami masih menunggu hasil dari perhitungan di Kecamatan. Jika sudah selesai. Kami bisa menghitung berapa kursi yang kami dapatkan,” tandasnya.

Ketua DPC PPP Grobogan M Fatah menyatakan hal sama. Meski dalam perhitungan partai berlambang kakbah ini banyak penurunan di perolehan surat suara.

”Berapa kursi yang didapat kami masih menunggu perolehan hitungan keseluruhan,” ujarnya.

(ks/mun/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia