Selasa, 21 May 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Perolehan Kursi Legislatif PKS-Nasdem Melejit, PDIP Capai Target

22 April 2019, 12: 49: 47 WIB | editor : Ali Mustofa

Perolehan Kursi Legislatif PKS-Nasdem Melejit, PDIP Capai Target

KOTA - Perolehan suara para caleg masing-masing daerah pemilihan (dapil) di Rembang sudah mulai terbaca. Selain sejumlah caleg petahana yang diprediksi kembali melenggang, beberapa partai juga diprediksi mampu menambah jumlah kursinya di legislatif. Seperti, PKS dan Nasdem.

Di pemilu 2014, atau untuk periode 2014-2019, PKS hanya mampu meloloskan satu wakilnya, yakni Joko Suprihari. Namun, di Pemilu 2019, diprediksi setidaknya ada tiga caleg yang mampu melenggang ke kursi legislatif.

Ketiganya yakni Rabis Swabihantoro di dapil 6, Ghofar Ismail dari dapil 2, serta Joko Suprihadi yang menjadi satu-satunya petahana dan berjuang di dapil 1. Namun demikian, meski tampil sebagai petahana, suara Joko masih bersaing dengan Eka Siswa Kartika dari Demokrat dan Wiwin Winarto dari Gerindra yang sebelumnya justru merupakan anggota legislatif Jateng.

Partai Nasdem yang pada Pemilu 2014 lalu hanya mendapat tiga kursi, di Pemilu kali ini juga diprediksi mampu menembus tujuh kursi. Ya, dari masing-masing dapil minimal ada satu caleg yang lolos. Uniknya, dari tujuh yang diprediksi lolos itu, hanya satu yang merupakan petahana. Yakni Frida Iriani dari Nasdem di dapil 6.

Sementara itu, PKB yang sebelumnya sudah percaya diri mampu meloloskan delapan wakilnya di legislatif Kota Garam, sejauh ini baru terbaca lima caleg. Yakni untuk dapil 1, 3, 5, 6, dan 7. Meski demikian, partai yang erat dengan NU itu diprediksi mampu meloloskan minimal satu wakil di masing-masing dapil.

Adapun PDIP juga yakin mampu kembali mengamankan delapan kursi legislatif. Meski, berdasarkan prediksi, baru empat yang hampir dipastikan kembali melenggang menjadi anggota dewan.

”Yakin bisa sama dengan perolehan yang sekarang. Sesuai target,” ujar Jasmani dari PDIP yang kini juga masih menjabat menjadi anggota legislatif Kota Garam itu saat dikonfirmasi kemarin.

Sebagai informasi, prediksi di koran ini berdasarkan narasumber internal. Dan, prediksi di koran ini tidak ada hubungannya dengan KPU Rembang sebagai penyelenggara resmi. Murni untuk menjawab keingintahuan publik.

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia