Selasa, 21 May 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Hasil Rekap Sementara KPU Kudus: PDIP 18 Persen, Hanura 17 Persen

22 April 2019, 11: 51: 04 WIB | editor : Ali Mustofa

Hasil Rekap Sementara KPU Kudus: PDIP 18 Persen, Hanura 17 Persen

KOTA – Rekapitulasi hasil pemungutan suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kudus masih berlangsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus sudah merilis hasil perolehan sementara Dewan Pemilihan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus.

Dari hasil yang dirilis di website KPU, posisi teratas masih diduduki Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan perolehan 1.250 suara atau 18,44 persen. Posisi kedua diduduki oleh Partai Hanura dengan perolehan 1.162 suara atau 17,14 persen.

Urutan ketiga diperoleh Nasdem dengan 1.005 suara atau 14, 82 persen. Diikuti Partau Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 675 suara atau 9,96 persen. Di posisi kelima diduduki Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 491 suara atau 7,24 persen.

Data ini dihimpun pada 20 april kemarin. Sekitar pukul 17.00. Dari 40 Tempat Pemungutan Suara (TPS), dari totsl keseluruhan 3.039 TPS. Jika diprosentase data ini 1,31 persen. Diketahui data yang sudah muncul dari wilayah kudus I.

Devisi Teknis KPU Kudus, Dhani Kurniawan mengatakan perolehan ini merupakan hasil input melalui aplikasi situng. ”Setelah diverivikasi nanti akan ditayangkan di web KPU RI. Yang diinput itu partai politik,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk rekapitulasi ini berdasarkan akumulasi dari perolehan suara calon legislatif (caleg) dan partai politik (parpol).

”Parpol dan caleg itu dijadikan satu. Nanti tujuannya untuk melihat menghitung perhitungan perolehan kursinya. Nanti terus dihitung. Perolehan partai, setiap partai politik itu mendapat berapa kursi. Misal partai A mendapat dua kursi. Berarti suara terbanyak pertama dan kedua itu yang jadi,” katanya.

Ia menambahkan, hasil penetapan menunggu hasil rekap kecamatan. ”Jika nanti sudah selesai semua bisa di lihat (di website KPU) sampai nanti penetapan calon bisa. Kita tunggu lah teman-teman dari PPK selesai,” ujarnya. (vah)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia