Selasa, 21 May 2019
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Jadi Ajang Pamer Produk, Dekranasda Blora Expo 2019 Resmi Digelar

20 April 2019, 15: 56: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

KERAJINAN KAYU: Bupati Blora Djoko Nugroho (tengah) melihat produk kerajinan kayu dari salah satu perajin Blora di Dekranasda Expo 2019.

KERAJINAN KAYU: Bupati Blora Djoko Nugroho (tengah) melihat produk kerajinan kayu dari salah satu perajin Blora di Dekranasda Expo 2019. (HUMAS PEMKAB BLORA FOR RADAR KUDUS)

KOTA – Dekranasda Blora Expo 2019 digelar di Blora kemarin. Kegiatan itu menjadi ajang para perajin Blora untuk memamerkan produknya. Sebab, panitia juga mengundang perajin dari luar Blora untuk bergabung dalam even tersebut.

Pembukaan dimeriahkan dengan pertunjukan musik akustik dan beberapa tari tradisional dari Sanggar Tari Merpati Desa Tambaksari. Acara dalam rangka HUT ke-39 Dekranasda itu dibuka langsung Bupati Djoko Nugroho.

Ketua Dekranasda Kabupaten Blora Umi Kulsum mengaku, batik merupakan salah satu produk UKM yang perkembangannya sangat bagus di Blora. Meskipun usia batik Blora belum lama, namun hasilnya mampu bersaing dengan produk batik dari daerah lain yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Selain batik, menurutnya masih ada banyak produk kerajinan yang dipamerkan dalam Dekranasda Expo. Seperti kerajinan gembol jati, tas rajut, lukisan pelepah pisang, dan aneka hiasan lainnya.

”Tidak hanya dari Blora, beberapa produk kerajinan dari luar daerah juga kita datangkan agar timbul interaksi antara perajin lokal dengan luar daerah. Dengan begitu mereka bisa saling sharing untuk memajukan produk kerajinannya. Sehingga hasilnya bisa berkembang dan tidak kalah dengan produk luar,” lanjutnya

Bupati Djoko Nugroho menyatakan bahwa dirinya merasa senang akan hasil kerajinan Kabupaten Blora. Sebab kini semakin maju dan beragam. Bahkan geliat kerajinan yang digeluti para pelaku UKM telah berkontribusi besar terhadap perekonomian daerah.

”Melalui dewan kerajinan ini, seluruh potensi kerajinan di Kabupaten Blora bisa berkembang dan terus berinovasi agar bisa bersaing dengan hasil kerajinan luar daerah,” harapnya.

Usai membuka acara, bupati bersama seluruh tamu undangan melanjutkan keliling stan pameran di Alun-alun. Sejumlah kerajinan hasil karya UKM Blora dilihat oleh bupati dan ditawarkan kepada jajaran Forkopimda dan kepala OPD agar membelinya.

Sementara itu, Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Suryanto, selaku ketua Penyelenggara Dekranasda Expo menyampaikan, selama kegiatan berlangsung sejumlah pertunjukan kesenian akan dipentaskan untuk menghibur pengunjung saat malam hari. ”Pameran diikuti oleh 73 stan yang terdiri dari kerajinan UKM, OPD, dan aneka kuliner,” terangnya.

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia