Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Prediksi Kursi Caleg: PDIP Borong 17 Kursi, Hanura dan PKS Turun

20 April 2019, 12: 40: 01 WIB | editor : Ali Mustofa

Prediksi Kursi Caleg: PDIP Borong 17 Kursi, Hanura dan PKS Turun

PURWODADI – PDI Perjuangan nampaknya yakin bisa memperoleh 17 kursi pada Pileg tahun ini. Itu berarti, perolehan kursi DPRD Grobogan untuk PDIP bertambah lima dari perolehan pada Pileg 2014.

Data perolehan suara masing-masing partai di Kabupaten Grobogan, hingga kemarin baru PDIP yang sudah membeberkan data raihan suara caleg. Partai bermoncong putih tersebut memang mempunyai pengurus untuk mendata C 1 dari semua perolehan Pemilu 2019.

Mulai dari capres-cawapres, caleg DPD, caleg DPR RI, caleg DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan caleg DPRD kabupaten. Dari data yang masuk, PDIP mendapatkan tambahan lima kursi di dewan pada Pileg 2019. Hal itu, setelah ada penghitungan dari masing-masing daerah pemilihan masuk.

Ketua DPC PDIP Grobogan Sri Sumarni mengatakan, perhitungan suara dari C 1 masih terus berlangsung. Meski demikian, dirinya memastikan bahwa partai yang dipimpinnya dapat tambahan kursi di DPRD Grobogan.

”Tahun ini yang pasti ada tambahan lima kursi. Pemilu tahun 2014 lalu PDIP mendapatkan 12 kursi. Tahun ini bisa bertambah menjadi 17 kursi,” kata dia.

Penambahan kursi ini, kata Sri Sumarni karena kerja sama dari semua unsur partai. Mulai dari dari tingkat pusat sampai bawah. Mesin partai berjalan semua dan sesuai instruksi partai. Selain itu, dari hasil perhitungan sementara suara partai ada peningkatan signifikan.

”Untuk caleg yang mendapatkan tambahan jadi dewan ada di dapil 1, 2, 3, dan 5. Tambahanya ada satu sampai tiga orang per dapil,” ujarnya.

Menurutnya perolehan kursi terbanyak ini, mengulang sejarah perolehan partai PDIP pada Pemilu 2004 lalu. Saat itu, PDIP mendapatkan 16 kursi di DPRD Grobogan. Sedangkan tahun ini bisa mengungguli dari kursi di DPRD saat itu.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Grobogan M Nurwibowo mengaku, perolehan suara PKB di Kabupaten  Grobogan mengalami penurunan. Namun, dirinya tetap optimis PKB masih mempertahankan tujuh kursi. Yang didominasi wajah lama.

”Laporan perolehan suara masih kami hitung. Sementara dari hasil perhitungan ada penurunan. Kami berharap kursi di DPRD masih tetap tujuh orang,” kata dia.

Ketua DPC Hanura Grobogan Setiawan Djoko Purwanto mengatakan, hasil perhitungan sementara partai, ada dua caleg yang sudah aman untuk jadi anggota DPRD Grobogan. Hasil itu, turun satu kursi sebelumnya pada Pemilu 2014 lalu mendapatkan tiga kursi.  ”Caleg yang lolos ada di Dapil 1 dan Dapil 2,” ujarnya.

Hal sama juga diungkapkan Ketua DPD PKS Grobogan Suranto. Dia meyatakan perhitungan dari perolehan suara, partainya bisa mengamankan dua kursi DPRD Grobogan. Perolehan itu, turun satu kursi. Dimana tahun 2014 lalu PKS mendapatkan tiga kursi di dewan.

”Kami baru bisa mengamankan dua kursi di dapil 1 dan dapil 4. Untuk dapil lainnya masih dalam perhitungan,” terang dia.

Lain halnya dengan Partai Golkar. Bendahara DPD Golkar Wasono Nugroho belum berani membeberkan prediksi siapa saja caleg dari partai berlogo pohon beringin yang diprediksi mendapat kursi DPRD Grobogan.

”Kami masih menunggu hasil dari perhitungan di kecamatan. Jika sudah selesai. Kami bisa menghitung berapa kursi yang kami dapatkan,” tandasnya.

Ketua DPC PPP Grobogan M Fatah menyatakan hal sama. Meski dalam perhitungan partai berlambang kakbah, ini banyak penurunan suara. ”Berapa kursi yang didapat kami masih menunggu perolehan hitungan keseluruhan,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPD PAN Sutarno optimis partai bisa mempertahankan dua kursi di DPRD Grobogan seperti pada Pemilu 2014. Namun, dirinya belum berikan kepastian siapa nama dan dapilnya. ”Saya optimistis bisa mempertahankan dua kursi,” tambahnya.

Sedangkan partai  lainnya belum berani membeberkan prediksi caleg masing-masing yang melenggang ke kursi DPRD kabupaten. Seperti Partai Gerindra, Demokrat, Nasdem, dan beberapa partai lainnya.

(ks/mun/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia