Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Ketua DPC PDIP Kudus Musthofa Optimistis Banteng Gondol 12 Kursi Dewan

20 April 2019, 11: 20: 20 WIB | editor : Ali Mustofa

Ketua DPC PDIP Kudus Musthofa Optimistis Banteng Gondol 12 Kursi Dewan

KOTA  – Perolehan kursi dari beberapa partai mulai bermunculan. Ada yang mantap menyebutkan perolehan kursi, ada juga yang masih ragu atau belum berani menyebutkan perolehan kursi DPRD Kabupaten Kudus. Misalnya saja Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kudus optimistis mendapat 12 kursi dari total 45 kursi. Jumlah itu terbanyak dari semua partai.

Ketua DPC PDIP Kudus, Musthofa mengatakan, menarget mendapatkan 12 kursi. Namun, dia tidak bisa memastikan. Mengingat rekapitulasi penghitungan suara begitu lama. ”Semenjak saya pimpin, PDIP ada kenaikan. Dari enam mampu menembus sembilan kursi DPRD Kabupaten,” katanya.

Dia menambahkan, dengan sistem sanint league lebih menguntungkan atau banyak kesalahan. Pengamatan Musthofa, hampir disetiap TPS banyak mengalami kerusakan surat suara. Ketika ditanya temuan itu, dia akan melakukan perekapan C1.

Sedangkan Ketua Bidang Pemenang Pemilu (Bapilu) partai Golkar Jhony, menargetkan, calegnya bisa memenangkan sembilan kursi DPRD Kabupaten. Padahal sebelumnya lima tahun lalu Golkar hanya menduduki empat kursi saja. ”Caleg-caleg menyumbang suara untuk memenuhi target kemenangan target partai Golkar,”katanya

Untuk Partai Gerindra Kudus memprediksi mampu merebut 7-9 kursi anggota DPRD Kabupaten Kudus. Wakil Ketua OKK Partai Gerindra Kabupaten Kudus Zamroni Noor mengaku, untuk tahun ini pihaknya memang menargetkan ada kenaikan hasil.

”Target kami di DPRD Kabupaten Kudus sekitar 7-9 kursi. Pokoknya ada peningkatan dibanding tahun lalu,” jelasnya. Diketahui pada pemilu April 2014 lalu, Partai Gerindra mendapat lima kursi di DPRD Kabupaten Kudus.

Terkait hasil perolehan suara, saat ini pihaknya belum berani bicara banyak. Sebab, perhitungan masih dilakukan di tingkat kecamatan. Meskipun demikian, pihaknya tetap optimis atas target yang dipasang. ”Gambaran kasar kami sudah ada. Tapi kami masih menunggu keputusan resmi dari KPU. Sampai saat ini kami tetap optimis bisa mengisi target itu,”ujarnya.

Terkait jumlah kader yang mencalonkan diri, tahun ini mengalami penurunan. Pada saat pemilu 2014 lalu kader DPC Partai Gerindra Kabupaten Kudus yang mencalonkan diri sebanyak 45 orang. Jumlah tersebut berkurang satu angka pada pemilu tahun ini. ”Tahun ini yang maju di pileg ada 44 orang,” imbuhnya. Dirincikan, jumlah tersebut tersebar di seluruh dapil di Kabupaten Kudus. Dapil I 10 valeg, dapil II dan III 11 caleg, dan dapil IV 12 caleg.

Sedangkan untuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menargetkan 4 kursi DPRD Kudus. Ketua DPC PPP Kudus Ulwan Hakim tahun ini menargetkan 4 kursi anggota DPRD Kudus. Namun melihat situasi, kemungkinan PPP akan mendapatkan 3 kursi. Padahal pada 2014 lalu, partai ini menargetkan mampu memperoleh 4 – 6 kursi di DPRD. ”Tahun ini cukup berat,” tuturnya.

Terkait perolehan suara di Dapil II Kaliwungu-Gebog, dia mengatakan ada 11 jatah. Untuk PPP 1, PDIP 2, PAN 1, dan PKB 2. Kemudian ada Gerinda 1, Golkar 1, PKS 1, dan Nasdem 1.

 Untuk Partai Amanat Nasional (PAN) menargetkan empat kursi dalam DPRD Kudus. Sekertaris Dewan Pimpinan Daerah (PDD) PAN Kudus Hemdro RK mengatakan target kursi ditargetkan setiap Dapil satu calon legislatif (Caleg). ”Target kursi memang satu dapil satu (Caleh,Red) memang realistislah,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kudus Teguh Santoso mengatakan, masih menunggu hasil perhitungan suara tingkat kecamatan. Kalau target satu daerah pemilhan (Dapil) hanya satu kursi.

”Dapil II kosong karena sejak awal tidak ada perwakilan perempuan yang nyaleg. Namun kami belum bisa memastikan siapa yang lolos. Belum berani. Tunggu pengumuman resminya,” ungkapnya.

Hal ini berbeda dengan yang diungkapkan ketua umum DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Setia Budi Wibowo. Dia justru optimis mendapatkan empat kursi. Sebenarnya, ditargetkan dapat lima kursi.

Sedangkan partai Nasional Demokrat (Nasdem) menargetkan 4 kursi dan Demokrat 3 kursi. Dua partai lainnya yakni Hanura dan PKB belum perkiraannya masing simpang siur. Sementara menargetkan masing-masing dua kursi. (gal/vah)

(ks/daf/san/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia