Minggu, 20 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Ini Dia Wajah Baru Huni Kursi DPR RI dari Dapil Jateng 2

PDI P dan PKB Diprediksi Dapat Dua Kursi

20 April 2019, 10: 10: 51 WIB | editor : Ali Mustofa

Ini Dia Wajah Baru Huni Kursi DPR RI dari Dapil Jateng 2

KUDUS – Wajah baru diprediksi akan mendominasi kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Dapil Jateng 2 yang meliputi Jepara, Kudus, Demak. Hal yang sama juga terjadi di DPRD provinsi.

Wajah baru itu, Lestari Moerdijat dari Partai Nasdem. Kemudian Hindun Annisa dan Hasan Fathony dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selanjutnya Musthofa dan Gilang Dhielafararez dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P). Serta Dina Lorenza Audria dari Partai Demokrat.

Sementara wajah lama yang bercokol yaitu Nusron Wahid dari Partai Golkar dan Fathan Subchi dari PKB. Kandidat kuat lainnya, Wida dari Partai Amanat Nasional (PAN). Sementara Golkar kemungkinan kehilangan satu kursi.

Berdasarkan data yang dikumpulkan tim Jawa Pos Radar Kudus, PDI P dan PKB kemungkinan masing-masing memperoleh dua kursi. PDI P muncul nama Musthofa. Keberhasilannya memenangkan pilkada dua periode menjadi modal dia kuat di Kudus. Suara Musthofa di Demak juga kuat. Sementara Gilang hanya kuat di Jepara.

Ditubuh PKB Hindun Anisa bersaing ketat dengan Hasan Fathony. Keduanya kemungkinan merebutkan satu kursi untuk ke Senayan.

Berbeda dengan PKB, Fathan Subchi kuat di Demak dan Jepara. Modal besar sebagai incumbent, dia mampu mempertahankan suaranya di Demak dan Jepara.

Hindun Annisa kuat di kalangan pesantren yaitu di Jepara dan sebagian Demak (Mranggen). Sementara Lestari Moerdijat kuat di Kudus dan Jepara, juga sebagian Demak.

Ketua DPC PKB Jepara Nuruddin Amin atau Gus Nung ketika ditanya langsung meyakini jika caleg DPR RI dari PKB Hindun Anisa akan melenggang ke Senayan. ”Bunda Hindun (panggilan akrab Hindun Anisa) sangat berpeluang jadi,” tegasnya.

Saat dihubungi, bagian admin caleg DPR Provinsi Jawa Tengah Andang Wahyutriyanto dari PDI P yang tak mau disebutkan namanya menyakini, bahwa Andang akan melenggang ke DPR provinsi. Itu lantaran suara didapatkan di Jepara cukup signifikan. ”Data belum masuk semua. Kami masih menghitung. Tapi kami optimistis jadi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Akhwan menuturkan, hasil hitungan timnya, perolehan suara Lestari Moerdijat di Kudus tertinggi dibandingkan caleg DPR RI lain di partainya.

”Kami meyakini ini sesuai penghitungan hasil rekapitulasi C1 yang dikirim ke DPD. Secara akumulatif perolehan suara itu di Dapil Jateng 2 suara Lestari Moerdijat sekitar 13 persen. Berpeluang tiga besar. Dari internal Nasdem yang terkuat memang Bu Rerie (sapaan akrab Lestari Moerdijat),” tegasnya.

Akhwan menambahkan, kursi DPR RI yang jelas satu kursi sudah terkunci. ”Tetap ada peluang dua kursi. Tapi, itu harus melihat partai lain. Karena masing-masing partai punya peluang,” tambahnya.

Terpisah, orang tua dari caleg Wida Fadlika, Syaifudin Waspada mengaku tak mau berspekulasi. Sebab, suara belum masuk semua. ”Kami belum hitung seluruhnya. Karena di Welahan (TPS yang dihitung ulang, Red) hingga kini belum masuk. Penghitungan juga baru DPRD provinsi,” tandasnya.

(ks/zen/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia