Senin, 20 May 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Tingkat Partisipasi Pemilih Pilpres di Pati Tertinggi Ke-2 Se-Jateng

19 April 2019, 11: 10: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Tingkat Partisipasi Pemilih Pilpres di Pati Tertinggi Ke-2 Se-Jateng

PATI – Komisioner KPU Kabupaten Pati Supriyanto menyambut baik hasil hitung cepat versi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah. Di mana partisipasi pemilihan presiden di Kabupaten Pati menempati urutan kedua tertinggi, setelah Banyumas yang mencapai 100 persen.

Data dari Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah tersebut, menunjukkan partisipasi masyarakat Bumi Mina Tani dalam pilpres tahun ini mencapai 99,49 persen. ”Ya bagus kalau memang partisipasinya tinggi. Namun, kami tak bisa banyak berkomentar karena data tersebut bukan kami yang mengeluarkan. Data kami sendiri baru dihitung per hari ini (kemarin, Red),” kata Supriyanto kepada Jawa Pos Radar Kudus kemarin.

Akan tetapi, pihaknya mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam pemilu tahun ini. Baik dari pemilihan legislatif ataupun pemilihan presiden. Menurutnya, masyarakat khususnya di Kabupaten Pati tingkat kedewasaan politik dan demokrasinya sudah meningkat di banding tahun-tahun sebelumnya.

”Yang kami lihat dari segi kedewasaan juga kesadaran dalam menyukseskan hajatan demokrasi ini cukup meningkat,” terang Supri saat mengawasi entri data salinan C1 ke website KPU di Hotel New Merdeka kemarin.

Supri mengungkapkan, target partisipasi masyarakat dalam pemilu tahun sendiri 78 persen. ”Targetnya 78 persen. Itu secara nasional, juga untuk Kabupaten Pati,” imbuhnya.

Jika melihat partisipasi yang mencapai 99 persen tersebut, tentunya hal itu menjadi kesuksesan tersendiri bagi KPU Kabupaten Pati sebagai penyelenggara pemilihan umum 2019 ini. ”Namun sekali lagi kami tak bisa berkomentar banyak soal angka partisipasi yang muncul itu. Karena bukan dari kami datanya,” kata Supri.

(ks/aua/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia