Rabu, 22 May 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Alasan KPU Rembang Bakar Ribuan Surat Suara Tak Terpakai Pemilu 2019

18 April 2019, 12: 40: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

DIBAKAR: KPU Rembang memusnahkan ribuan surat suara yang sisa di halaman kantor setempat, Selasa (16/4) malam.

DIBAKAR: KPU Rembang memusnahkan ribuan surat suara yang sisa di halaman kantor setempat, Selasa (16/4) malam. (KPU REMBANG FOR RADAR KUDUS)

KOTA - KPU Rembang memusnahkan sebanyak 8.331 surat suara tak terpakai untuk Pemilu 2019. Ribuan surat suara itu baru dibakar Selasa (16/4) malam sekitar pukul 21.00 setelah surat suara di seluruh TPS di Kota Garam didistribusikan. 

Ketua KPU Rembang M. Ika Iqbal Fahmi menyatakan, ribuan surat suara itu dimusnahkan untuk memastikan tidak ada kecurangan kelebihan surat suara. Sehingga, iklim demokrasi bisa tetap terjaga kualitasnya.

”Dipastikan dulu, khawatir ada yang kurang kalau dibakar siang tadi,” terang Iqbal saat ditanya mengapa baru dibakar pada malam hari.

Dalam prosesi pemusnahan itu, turut disaksikan Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso dan jajarannya,  Bawaslu Rembang, Satpol PP Rembang, serta staf ahli dari Pemprov Jateng. Pemusnahan hingga tuntas berlangsung hingga sekitar pukul 23.00.

Dengan dimusnahkannya surat suara sisa, maka apabila terjadi permasalahan di lapangan, akan ditangani sesuai dengan mekanisme yang ada. Sebab, komisi juga sudah menyiapkan surat suara cadangan 2,5 persen di tiap TPS.

KPU Rembang sebelumnya juga telah mendata pemilih dari luar daerah yang akan menyalurkan hak pilihnya di Kota Garam. Selain itu, penyelenggara pemilu juga telah mengantisipasi adanya pemilih khusus pada hari pelaksanaan.

Adapun surat suara yang dibakar meliputi surat suara rusak dan baik untuk seluruh kontestan Pemilu. Yakni baik untuk capres-cawapres, caleg DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, maupun DPRD Rembang.

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia