Minggu, 25 Aug 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Lestarikan Wayang Kulit, Wabup Jepara Apresiasi Pepadi

15 April 2019, 15: 57: 01 WIB | editor : Ali Mustofa

HADIR LANGSUNG: Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi saat hadir dalam Pagelaran Pentas Wayang Kulit semalam suntuk Sabtu malam (13/4) di Alun-alun Jepara.

HADIR LANGSUNG: Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi saat hadir dalam Pagelaran Pentas Wayang Kulit semalam suntuk Sabtu malam (13/4) di Alun-alun Jepara. (DISPARBUD KABUPATEN JEPARA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA - Pagelaran wayang kulit semalam suntuk berlangsung di Alun-alun II Jepara, SabtuSabtu (13/4) malam. Kegiatan tersebut dimeriahkan dalang Ki Nuryanto dengan lakon Babare Jagad Raya.

Selain Pagelaran wayang ini diawali dengan pelantikan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Jepara periode 2019-2024. Pada periode ini, Pepadi diketuai oleh Hendroyono. Pelantikan pengurus Pepadi Kabupaten Jepara itu sendiri dilakukan oleh perwakilan Pepadi Provinsi Jawa Tengah.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza mengatakan, pagelaran wayang semalam suntuk ini merupakan rangkaian dari Hari Jadi ke 470 Kabupaten Jepara. Tujuannya tak lain untuk melestarikan kesenian tradisional di Kabupaten Jepara.

Sementara itu, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi yang hadir secara langsung mengapresiasi kegiatan pelestarian budaya atau seni dari pulau Jawa tersebut. Apalagi, wayang kulit yang masuk dalam kesenian tradisional ini jarang digelar di masyarakat.

Dia mengatakan, wayang merupakan salah satu warisan yang harus dilestarikan. Pemkab Jepara sendiri memberikan dukungan penuh untuk pelestarian wayang. Di antaranya dengan mengadakan pagelaran wayang secara rutin di wilayah Kabupaten Jepara. "Dalam satu tahun ada beberapa kali pagelaran wayang," katanya.

Andi juga mengapresiasi putra-putri daerah yang pada kesempatan tersebut dapat menampilkan seni wayang yang tidak kalah bagusnya dengan kelompok wayang lainnya.

Tak hanya itu, Andi juga mengucapkan selamat pada anggota Pepadi Jepara yang baru saja dilantik. "Harapannya melalui Pepadi ini, seni tradisional wayang bisa terus dilestarikan. Tak hanya itu harapannya ke depan juga semakin banyak inovasi dalam pagelaran wayang agar wayang bisa kembali populer di semua kalangan. Biasanya wayang digemari oleh orang tua, jika ada inovasi maka kesenian wayang juga bisa dinikmati oleh generasi muda," imbuhnya.

(ks/emy/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia