Kamis, 19 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Politik

KPU: Distribusi Logistik Pemilu 2019 untuk Pulau-Pulau Kecil Tuntas

15 April 2019, 10: 07: 02 WIB | editor : Ali Mustofa

DIKIRIM: Logistik Pemilu 2019 untuk Pulau Parang dan Pulau Nyamuk dikirim kemarin.

DIKIRIM: Logistik Pemilu 2019 untuk Pulau Parang dan Pulau Nyamuk dikirim kemarin. (KPU Jepara For Radar Kudus)

Share this      

JEPARA - Pengiriman logistik Pemilu serentak 2019 ke wilayah Kepulauan Karimunjawa sudah dilakukan. Pagi kemarin pengiriman logistik diteruskan ke pulau-pulau kecil di wilayah tersebut yakni Pulau Parang dan Pulau Nyamuk.

Hal ini disampaikan Komisioner KPU Jepara Divisi Sosialisasi, Pendidikan pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Muhammadun. Muhammadun mengatakan, sebagaimana pemilihan umum sebelumnya pengiriman logistik ke wilayah terluar dari Kabupaten Jepara itu memang dilakukan lebih awal dibandingkan pengiriman logistik di wilayah lain yang baru akan dilakukan pada 12 April. Hal ini untuk mengantisipasi cuaca buruk yang menghambat pengiriman logistik ke wilayah tersebut.

Muhammadun menyatakan, dari KPU Kabupaten ke PPK Karimunjawa dikirim pagi kemarin tepatnya pukul 07.00 WIB menggunakan kendaraan PT POS dan menyeberang menggunakan Kapal Siginjai dari Dermaga Pantai Kartini Jepara. ”Untuk muat kotak suara ke armada PT Pos dilakukan Selasa (9/4) siang dilanjutkan masuk ke kapal Selasa malam,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Muhammadun melanjutkan, perjalanan diperkirakan selama 5 jam dan dijadwalkan tiba di Karimunjawa pukul 12.00 WIB. "Setelah tiba disimpan di kantor Kecamatan Karimunjawa," ujarnya.

Mengenai logistik yang dikirim, dia menjelaskan, ada total 173 kotak. Yakni 160 kotak TPS dan 13 kotak PPK. Selain itu, dikirim 128 buah bilik yang akan didistribukan ke 32 TPS di seluruh wilayah Kepulauan Karimunjawa. "Ada 5 bilik untuk masing-masing TPS," ungkapnya.

Setelah sampai di Karimunjawa, dia menjelaskan, akan dilanjutkan dengan pendistribusian ke pulau-pulau kecil. Dari Karimunjawa ke Pulau Parang dan Pulau Nyamuk dijadwalkan pada 14 April, dari Kecamatan Karimunjawa ke Desa Karimunjawa dan Desa Kemujan pada 15 April serta dari Karimunjawa ke Pulau Genting pada 16 April pagi.

Disinggung mengenai jumlah pemilih di wilayah tersebut, Muhammadun menuturkan, total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 6.929 pemilih. Jumlah tersebut tersebar di Desa Karimunjawa sebanyak 3.446 pemilih, Desa Kemujan sebanyak 2.248 pemilih, Desa Nyamuk sebanyak 415 pemilih serta di Desa Parang ada sebanyak 820 pemilih. “Di Pulau Genting ada satu TPS dengan 216 pemilih, itu masuk Desa Karimunjawa,” pungkasnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia