Minggu, 19 May 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Pasar Edukasi, Koin Kayu untuk Belajar Ekonomi

14 April 2019, 02: 22: 17 WIB | editor : Ali Mustofa

TUKAR KOIN: Para siswa menukarkan koin kayu untuk transaksi jual beli di bazar SMP 5 Kudus kemarin.

TUKAR KOIN: Para siswa menukarkan koin kayu untuk transaksi jual beli di bazar SMP 5 Kudus kemarin. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

KUDUS - Mata uang rupiah seolah tak laku di Bazar SMP 5 Kudus kemarin. Bagaimana tidak. Seluruh transaksi jual beli menggunakan koin berbahan kayu yang dibentuk menjadi lingkaran berdiameter sekitar lima sentimeter.

Bukan mutlak tidak laku, uang rupiah ditukarkan dengan koin kayu itu. Satu koin kayu dihargai Rp 2 ribu. Dengan uang kayu itu lah penjual dan pembeli baru bisa bertransaksi di bazar dalam rangka hari ulang tahun (HUT) SMPN 5 Kudus ini.

Kepala Sekolah mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengedukasi para siswa agar mengetahui proses perputaran uang dan prinsip-prinsip ekonomi. ”Letak edukasinya ada di prosesnya. Mereka (para siswa, Red) merancang program mereka terlebih dahulu, mau jualan apa saja. Kemudian juga promosinya. Bagaimana cara merayu (pembeli, Red),” katanya.

Masing-masing anak membeli 10 ribu dan mendapat lima koin. Jika koin tersebut sisa masih bisa diuangkan. Dari kegiatan ini diharapkan para siswa memahami tentang pertukaran mata uang. Rochim mengibaratkan dalam kegiatan kemarin para siswa berada di negara yang berbeda.

”Kalau membawa berapapun banyak uang pasti tidak laku. Caranya harus ditukarkan dengan uang yang berlaku di sini. Makannya saya katakan mata uang yang berlaku hari ini adalah mata uang kalita (koin kayu, Red),” imbuhnya.

Tak cukup jual beli. Setelah kegiatan ini, para siswa akan diminta membuat laporan keuangan. Mereka juga akan mengkalkulasi modal, dan hasil penjualan. Selain bazar edukasi ini, acara kemarin juga dimeriahkan berbagai kegiatan pentas seni.

Seperti wayang kulit, karawitan, dan tari tradisional. Kedepan pihaknya berencana membuat pasar edukasi serupa. Dengan melibatkan wali murid. (vah)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia