Kamis, 19 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

UNBK SMP di Blora Diikuti 12.874 Siswa dan 145 Sekolah

13 April 2019, 10: 17: 25 WIB | editor : Ali Mustofa

TINGGAL KLIK: Siswa SMP mengerjakan soal-soal UNBK yang ada di layar komputer.

TINGGAL KLIK: Siswa SMP mengerjakan soal-soal UNBK yang ada di layar komputer. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTAPelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tinggal sepekan lagi. UNBK tersebut rencananya diikuti oleh 12.874 siswa, baik dari SMP maupun MTs.

UNBK tingkat SMP digelar pada 22 hingga 24 April mendatang. Untuk itu, Disdik terus melakukan berbagai persiapan agar bisa menyukseskan UNBK tersebut. Mulai dari rakor dengan Kemenag, kepala SMP/MTs, dan operator ujian  SMP/MTs se-Kabupaten Blora, hingga pendalaman materi essensial bagi guru mapel UN SMP dan MTs.

Selain itu, pembekalan proktor dan teknisi UNBK jenjang SMP/MTs. Simulasi UNBK SMP/MTs, penyusunan soal try out, koordinasi dengan Telkom dan PLN, DPUPR juga dilaksanakan. Untuk memastikan, tak ada listrik padam ketika pelaksanaan UNBK.

”Semuanya sudah kami persiapkan dengan matang. Ini masih terus berjuang untuk menyukseskan UNBK yang tinggal meghitung hari,” terang Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sugiyanto kemarin.

Berdasarkan data dari Disdik Kabupaten Blora, ada 12.874 siswa dari 145 sekolah yang bakal mengikuti UNBK tahun ini. Rinciannya, 8.628 siswa berasal dari SMP negeri. Kemudian, 1.201 siswa dari SMP swasta. Lalu, 197 siswa MTs negeri dan 1.848 siswa MTs swasta.

”Ada empat pelajaran saat UNBK nanti. Yaitu bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan IPA,” jelasnya

Dia menambahkan, bantuan komputer bagi sekolah-sekolah swasta maupun negeri juga sudah didistribusikan. Totalnya mencapai 800-an unit. Dia berharap, pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan dengan lancar dan hasil yang memuaskan. Apalagi sudah dipersiapkan sejak dini. ”Memang tidak bisa sama. Harus adil dan merata,” jelasnya.

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia