Kamis, 23 May 2019
radarkudus
icon featured
Sportainment

Jelang Popda, Atlet Voli Pantai Simulasi Game di Cuaca Panas dan Hujan

10 April 2019, 10: 13: 18 WIB | editor : Ali Mustofa

BERJATUHAN: Atlet voli pantai harus berjatuhan saat latihan di Lapangan Ngembalrejo, Bae kemarin.

BERJATUHAN: Atlet voli pantai harus berjatuhan saat latihan di Lapangan Ngembalrejo, Bae kemarin. (VEGA MA'ARIJIL ULA/RADAR KUDUS)

KUDUS – Popda Provinsi Jawa Tengah tinggal menghitung hari. Atlet voli pantai SMA asal Kudus terus mengasah keterampilan dengan memperbanyak materi game, sekaligus beradaptasi dengan cuaca agar terbiasa saat bertanding.

Penyesuaian itu dicoba dengan berlatih diberbagai waktu. Pagi, siang atau sore. Latihan sudah pernah dicoba pada pukul 08.00, 09.00, 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00, 15.00, dan 16.00. Termasuk saat cuaca panas dan hujan. Nantinya akan konsisten dicoba hingga beberapa hari menjelang turun di Popda Jateng.

Pelatih voli pantai Didik Maryadi mengaku perlu melakukan hal tersebut agar atlet terbiasa. ”Perlu kami coba semua latihan di waktu-waktu itu agar anak terbiasa dengan segala cuaca,” terang Pelatih Voli Pantai Kudus Didik Maryadi.

Didik menambahkan, anak asuhnya sudah dapat melakukan apa yang diinstruksikannya. Baik saat cuaca panas maupun hujan. Akan tetapi, situasi latihan atau pertandingan akan terasa sulit saat cuaca sedang hujan.

Pasalnya, saat kondisi sedang hujan bola menjadi licin. Lapangan menjadi basah dan mata atlet menjadi terganggu akibat guyuran hujan. Selain mengkondisikan dengan cuaca, anak asuh Didik Maryadi juga melakoni beragam game setiap harinya. Termasuk mempertebal reaksi bola depan. Pun dengan program jog speed yang masih terus digenjot.

Disinggung soal performa anak asuhnya, Didik sudah puas dengan performa anak asuhnya. Dirinya berpesan agar beberapa atletnya dapat menjaga stabilitas performa. Untuk menunjang itu, atlet diberi materi fitness setiap Senin dan Kamis. Didukung pula dengan pemenuhan gizi seperti protein nabati dan hewani.

Nantinya pelaksanaan technical meeting Popda Jateng cabang olahraga voli pantai akan digelar pada 22 April  2019 mendatang. Kemungkinan pertandingan akan digelar pada 23 hingga 25 April 2019.

Untuk atlet voli pantai putri SMA akan menurunkan Novana (blocker) dan Salsabila (defender) dengan target mempertahankan juara 1. Sementara atlet voli pantai putra SMA yang akan turun adalah Ferio (defender) dan Asyrof (blocker) yang ditarget masuk babak final. (vga) 

(ks/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia