Sabtu, 14 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Cuitan

Berlari dalam Kebersamaan

01 April 2019, 09: 58: 06 WIB | editor : Ali Mustofa

Direktur Radar Kudus Baehaqi

Direktur Radar Kudus Baehaqi (RADAR KUDUS)

Share this      

Hari ini, 1 April 2019, Jawa Pos Radar Semarang, saudara kandung Radar Kudus, yang sama-sama saya pimpin, genap berusia 19 tahun. Banyak pelajaran yang bisa dipetik.

Sejak Sabtu sudah diadakan serangkaian acara. Sederhana, tetapi banyak karyawan dan keluarga yang berkesan. Sampai-sampai yang tidak datang karena berbenturan dengan acara lain merasa kecewa.

‘’Dari kemarin dan hari ini plolak-plolok lihat orang podo komen bahagia dan seru-seruan. Ya, sudahlah, berarti turut berbahagia lihat banyak orang berbahagia,’’ kata Redaktur Pelaksana Radar Semarang Ida Nur Laila. Dua hari dia harus memberikan pelatihan menulis untuk para guru di Magelang dan Kendal.

Rangkaian acara dimulai unjuk gigi Sabtu pagi. Istilah kerennya show of force. Ingin menunjukkan bahwa di saat banyak koran berguguran, Radar Semarang malah semakin bersemangat. Kemarin silaturrahim keluarga. Hari ini rangkaian terakhir open house.

Pukul 07.00 Sabtu, seluruh karyawan berjalan kaki dari kantor di jalan Veteran 55 Semarang menuju Simpanglima – Taman Indonesia Kaya – rumah wali kota Semarang – kantor. Total 7.961 langkah. Menghabiskan 328 kalori. Mereka membawa berbagai tulisan penyemangat. Dipimpin oleh mantan aktivis mahasiswa yang sering berdemo Sigit Rahmanto. Di sepanjang perjalanan dia berorasi.

Rombongan sempat tawaf, eh, baruputar sekali. Sigit terus berkoar-koar antihoak. Sesekali diselingi yel-yel dan nyanyian. Banyak pengendara yang memperhatikan. Malah ada orang yang berolah raga pagi bertanya, demo tentang apa? Tentu dijawab bukan berdemo.

Di Taman Indonesia Kaya dimainkan beberapa game ringan. Saya tidak tahu namanya. Ada lompat berkelompok dan hulahop yang dimodifikasi jadi permainan. Semacam outbond. Manajer Keuangan Indah Fajarwati menyebut untuk penguatan karakter dan team work.

Di situ pula saya didaulat untuk menyampaikan pidato hari ulang tahun. Suatu yang tidak biasa. Pidato internal dilaksanakan di tempat umum terbuka. Dilihat dan didengar banyak orang. Bisa jadi juga direkam kompetitor. Padahal, isinya hal-hal secret dan mendasar. Intropeksi, evaluasi, strategi, konsep, dan filosofi. Bagi saya tidak masalah. Belum tentu juga orang lain paham. Apalagi bisa melaksanakan. Di Radar Kudus saya sudah terbiasa menyampaikan pidato HUT seperti ini.

Pidato itu saya beri judul Berlari dalam Kebersamaan. Kelihatannya sederhana. Tetapi, tidak gampang diwujudkan. Konsekuensinya banyak. Bisa bertabrakan, saling dorong, dan serimpungan. Diperlukan pemahaman dan pengertian masing-masing karyawan sebagaimana dalam permainan yang saya sebut tadi. Untuk meminimalisir hal ini, kemarin digelar silaturrahim keluarga besar Radar Semarang.

Saya menangkap ada alasan yang kuat untuk bisa berlari di tengah himpitan persoalan media. Akhir tahun 2018 Radar Semarang bisa membuktikan tumbuh pada saat kondisi amat sulit. Demikian juga Radar Kudus. Saat itu, media sosial, digital, elektronik, dan koran masih perang berebut pasar.

Radar Semarang membuktikan tetap tumbuh di banyak indikator penilaian kecuali satu. Sehingga meraih juara III di kelompok Jawa Pos Radar yang terdiri atas 18 perusahaan. Radar Kudus, saudara kandungnya, yang sama-sama saya pimpin, juga demikian. Membuntuti di urutan keempat.

Pada kuartal I 2019 yang berakhir kemarin, baik Radar Semarang maupun Radar Kudus bisa mempertahankan pertumbuhannya. Hanya satu indikator dari seluruh indikator yang mengalami penurunan. ‘’Saya ucapkan selamat. Radar selalu tampil keren. Berita-bertianya up to date, faktual, dan atihoak. Itu membuat para pembaca selalu mendapat informasi yang bermanfaat ,’’ komentar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Atas prestasi itu saya berkeyakinan Radar Semarang dan Radar Kudus akan terus berkembang. Fondasi telah ditanam. Semangat telah dikobarkan. Tekad dikuatkan. Be Better, Be Greater.  Harus lebih baik dan harus lebih besar. Motto ini dicanangkan akhir tahun lalu di Merapi bersama Radar Kudus.

Pada ulang tahun ke-19 ini Radar Semarang semakin menebalkan tekad dan menguatkan semangat. Kebetulan angkanya sangat sakral. Sembilan (9) adalah angka tertinggi. Digunakan untuk memperkuat tekad meraih nilai terbanyak. Angka satu (1) sebagai sasaran menjadi juara pertama.  Radar Kudus meraih posisi ini tahun 2016.

Tekad dan semangat itu penting. Bisnis dan usaha apapun terletak pada nilai yang sangat subyektif ini. Bila pelakunya tidak lagi bertekad dan bersemangat maka tunggulah saat kehancurannya. Saya dan Benk Minosih, general manager Star Hotel Semarang setuju mengenai hal itu. Saya bertemu beliau di hotelnya Jumat, minggu lalu.

Alhamdulillah. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menangkap tekad Radar Semarang masih kuat dan semangatnya membara.  “Mudah-mudahan berkembang terus, semakin sukses, dan oplahnya bertambah banyak,’’ katanya kepada rombongan karyawan Radar Semarang yang menemuinya di rumah pribadi di Lempongsari, Semarang, Sabtu.

Saya sengaja mengajak seluruh karyawan Radar ke rumah pribadi Pak Hendi  untuk mengucapkan selamat ulang tahun ke-48 yang jatuh pada 30 Maret itu. Spekulasi. Tidak ada persiapan. Hanya mengenakan kaos yang basah keringat sehabis show of force. Bahkan saya mengenakan celana pendek. Kue tartnya juga kecil. Datang belakangan lagi. Ternyata Pak Hendy malah sangat apresiatif. Sampai-sampai beliau membatalkan satu acara yang mesti dihadiri saat kami datang. Begitu saya serahkan, beliau tiup lilinnya dan potong kuenya.

Hendi kaget ketika saya menyampaikan seluruh karyawan Radar Semarang datang dengan berjalan kaki. ‘’Agar bisa merasakan trotoar bagus yan dibangun Pak Hendi,’’ kata saya guyonan. Hendi tertawa. Kemudian saya mengatakan, agar bisa menghayati Kota Semarang. Penghayatan wilayah itu penting. Karena di bumi itulah Radar Semarang berpijak.

Selamat ulang tahun ke-48 Pak Hendi dan Selamat ulang Tahun ke-19 Radar Semarang. Semoga terus menuai kesuksesan. (hq@jawapos.co.id)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia