Sabtu, 14 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Sampoerna Luncurkan Aplikasi Ayo SRC, Hanya Klik, Peritel Bisa Kulakan

26 Maret 2019, 06: 52: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

CANGGIH: Wabup Pati Saiful Arifin melaunching aplikasi Ayo SRC di Plaza Pragola Pati baru-baru ini.

CANGGIH: Wabup Pati Saiful Arifin melaunching aplikasi Ayo SRC di Plaza Pragola Pati baru-baru ini. (SAMPOERNA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA – Sampoerna meluncurkan aplikasi Ayo SRC (Sampoerna Retail Community). Melalui aplikasi ini, para pedagang kelontong bisa kulakan tanpa melalui perantara. Juga pembeli bisa membeli secara online.

Adanya aplikasi ini, diharapkan keuntungan peritel berlipat, tokonya maju, harganya tak mahal, pembeli dimudahkan, dan juga bisa mendapat barang berkualitas dengan harga murah. Cara ini merupakan bagian dari upaya pemerintah menyongsong usaha kecil menengah (UKM), termasuk pedagang ritel di era industri 4.0.

Aplikasi Ayo SRC telah di-launching di Plaza Pragola Pati Selasa (26/2) lalu di hadapan para peretail UKM dari Pati, Rembang, Kudus, dan Jepara. Launching ini, dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Pati Saiful Arifin.

CANGGIH: Wabup Pati Saiful Arifin (dua dari kanan) melaunching aplikasi Ayo SRC di Plaza Pragola Pati baru-baru ini.

CANGGIH: Wabup Pati Saiful Arifin (dua dari kanan) melaunching aplikasi Ayo SRC di Plaza Pragola Pati baru-baru ini. (SAMPOERNA FOR RADAR KUDUS)

Wabup yang akrab disapa Safin ini, juga memotivasi para peritel untuk tak berhenti hanya sebagai pengecer. Ia yakin dengan tata kelola yang baik, suatu usaha dapat berkembang. Hal ini tak lepas wabup ini yang berlatar belakang sebagai pengusaha. ”Saya mulai membuka usaha sejak 1998 dan sampai sekarang masih berjalan. Dulu saya pernah menjadi peretail,” ungkapnya.

Dia menuturkan, saat ini peritel harus tidak jadi toko kelontong saja. ”Zaman globalisasi ini, peritel juga harus berinovasi. Termasuk di bidang teknologi. Adanya aplikasi Ayo SRC ini, saya berharap dapat dimaksimalkan,” jelasnya.

Novi Wididanarto, supervisor PT HM Sampoerna area Pati menyampaikan, SRC mempunyai binaan peritel di seluruh Jateng. ”Aplikasi ini menghubungkan transaksi antara mitra SRC yang telah ditunjuk dengan grosir. Nanti juga akan di-launching aplikasi untuk konsumen,” terangnya.

Launching aplikasi Ayo SRC juga digelar di Wisma Perdamaian, Semarang. Acara ini dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Ganjar menuturkan, kemajuan teknologi informasi juga harus bisa dioptimalkan para toko kelontong dan peritel kecil. ”Kalau hanya mengandalkan jualan secara konvensional, ya tak bisa berkembang pesat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mencoba menggunakan aplikasi Ayo SRC. Setelah menginstal, dia kemudian belanja sembako berupa telur, beras, gula putih, dan gula merah. Dalam sekejap, pesanan gubernur diantarkan menuju lokasi dia berada. ”Sekarang sembako saja bisa online. Canggih sekali. Semoga aplikasi ini bisa membuat para pedagang kelontong dan ritel kecil bisa bersaing dengan toko-toko besar,” harapnya.

Head of Commercial Bussiness Development PT HM Sampoerna Henny Susanto, mengatakan, program SRC merupakan komitmen jangka panjang Sampoerna untuk mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan UKM, khususnya peritel tradisional. ”Adanya aplikasi Ayo SRC ini, pedagang akan siap menghadapi perubahan zaman. Aplikasi ini bisa memudahkan peritel mendapatkan barang dari produsen langsung. Juga mengakomodasi konsumen yang ingin belanja secara online,” ungkapnya. 

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia