Selasa, 23 Apr 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Tali Kolor Elastis untuk Lompat Tinggi Gaya Straddle

26 Maret 2019, 09: 05: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Tri Joko Siswanto, S.Pd.; Guru SMK Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan

Tri Joko Siswanto, S.Pd.; Guru SMK Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan (dok pribadi)

GAYA mengajar yang dilakukan oleh guru dalam praktik pendidikan jasmani dengan metode tradisional perlu ditinggalkan. Karena hanya menggunakan satu gaya mengajar. Sehingga membuat situasi pembelajaran monoton. Membuat siswa jenuh untuk mengikuti pembelajaran.

Untuk itu kebutuhan memodifikasi olah raga perlu. Sehingga suatu pendekatan alternatif dalam pengajaran pendidikan jasmani mutlak perlu dilakukan. Guru harus memiliki kemampuan untuk memodifikasi keterampilan yang hendak diajarkan. Guru dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dalam menciptakan pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik. Sehingga tercipta pembelajaran yang aktif bagi peserta didik. Atau menyenangkan tanpa meninggalkan tujuan pembelajaran tersebut.

Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Salah satunya kurang kreatifnya guru pendidikan jasmani dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran. Guru kurang akan metode–metode pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi peserta didik.

Seperti halnya di SMK Negeri 1 Purwodadi mayoritas peserta didik adalah puteri. Pada saat materi lompat tinggi bilah lompat dengan menggunakan kayu, rata–rata peserta didik merasa takut. Sehingga salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang dapat digunakan dalam hal ini adalah pendekatan pembelajaran menggunakan alat bantu berupa tali kolor elastis. Yaitu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dalam mempelajari teknik dasar.

Alat bantu berupa tali kolor elastis dalam sebuah pembelajaran akan membuat peserta didik lebih mudah menangkap materi ajar yang diberikan oleh guru. Dengan alat bantu ini ternyata dapat mengubah suasana menjadi santai dan menyenangkan. Bahkan peserta didik saling berkompetisi melewati alat bantu tersebut.

Guru perlu mengembangkan metode dan media pembelajaran yang dapat mempermudah peserta didik menerima pelajaran dengan baik. Sebuah media yang tidak hanya dapat diterima oleh peserta didik yang memiliki tingkat pemahaman yang tinggi, tetapi juga mempertimbangkan efektivitas media bagi mereka yang memiliki tingkat pemahaman yang masih kurang.

Dalam memilih sebuah media alat bantu, seorang guru harus mempertimbangkan tingkat keekonomisan media. Biaya yang digunakan harus seimbang dengan yang akan diperoleh. Diutamakan penggunaan media denga biaya pengeluaran seminimal mungkin tetapi memiliki banyak manfaat dan keunggalan dalam proses pembelajaran. Materi yang diberikan juga harus sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik. Berisi hal-hal yang dekat dengan peserta didik. Sebaiknya menarik perhatian peserta didik.

Dengan tali kolor elastis ternyata bisa membantu menumbuhkan motivasi dan antusias terhadap materi ajar lompat tinggi gaya straddle. Karena para peserta didik cenderung lebih menyukai suasana kelas yag santai daripada yang serius.

Pembelajaran dengan pendekatan alat bantu berupa tali kolor elastis, untuk meningkatkan keberanian peserta didik dalam melompati bilah lompat tinggi dengan gaya straddle. Sehingga kendala yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran lompat tinggi gaya straddle bisa diatasi. Modifikasi alat bantu ini untuk mendukung jalannya pembelajaran tanpa meninggalkan tujuan pembelajaran. (*)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia