Minggu, 20 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Ratusan Personel Siap Amankan Pemilu di Kudus, Wabup Cek Bedil

23 Maret 2019, 12: 32: 15 WIB | editor : Ali Mustofa

SIAP AMANKAN KUDUS: Wakil Bupati Hartopo, AKBP Saptono dan Kapten Inf Sentot Dwi Purnono melakukan pengecekan senjata dan patroli Kota Kudus demi menjaga kondusifitas wilayahnya jelang Pemilu.

SIAP AMANKAN KUDUS: Wakil Bupati Hartopo, AKBP Saptono dan Kapten Inf Sentot Dwi Purnono melakukan pengecekan senjata dan patroli Kota Kudus demi menjaga kondusifitas wilayahnya jelang Pemilu. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

JEKULO – Usai melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan jelang pemilu 2019, sejumlah senjata milik kepolisian resor Kudus dicek. Polres Kudus bersama sejumlah pihak satuan pengamanan yang ada di Kabupaten Kudus berpatroli gabungan keliling kota Kudus kemarin. Patroli ini dipimpin langsung oleh kapolres Kudus dan Dandim 0722.

Kapolres Kudus AKBP Saptono mengungkapkan, pihaknya mengaku sudah menyiapkan sebanyak 600 personel kepolisian untuk bertugas mengamankan jalannya pemilu April mendatang. Sejumlah personil kepolisian tersebut akan dibantu oleh sekitar 200 personel dari TNI.

”Perkuatan personel sudah kami lakukan. Kami pastikan semuanya sudah siap untuk mengamankan jalannya pemilu mulai masa kampanye terbuka yang jadwalnya sebentar lagi, hingga nanti saat perhitungan suara,” jelasnya.

Menurut Saptono, semua daerah di Kudus tidak ada daerah khusus yang berpotensi rawan konflik. Meskipun begitu, pihaknya merasa masih perlu mewaspadai adanya potensi hal buruk yang mungkin akan terjadi.

”Patroli yang kami gelar ini sebagai langkah awal untuk mengamankan kampanye terbuka. Semoga semuanya nanti bisa berjalan aman dan lancar,” jelasnya.

Di Kudus memang dikategorikan daerah tidak rawan konflik, namun pihak kepolisian menyebutkan ada beberapa daerah yang perlu diwaspadai. Daerah seperti di Kecamatan Gebog dan Dawe menjadi daerah yang dikategorikan sebagai daerah rawan bencana. ”Terkait ini, kami sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” ujarnya.

Kabag Ops Polres Kudus Jodi SM mengatakan, pihaknya sudah membuat plotting terkait penugasan tim pengamanan di masing-masing TPS. ”Semuanya sudah siap, distribusinya tinggal menunggu instruksi dari KPU Kudus,” ujarnya saat ditemui usai apel gelar pasukan di Mapolres Kudus kemarin.

Sementara itu Wakil Bupati Kudus Muhammad Hartopo mengatakan, sinergi pemerintah daerah, TNI, dan Polri menjadi sebuah keharusan. Hal ini untuk mewujudkan Kudus tetap aman jelang pelaksanaan Pemilu. ”Jelang pemilu aman, hari H aman dan setelahnya juga aman,” katanya.

(ks/daf/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia