Senin, 16 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Penggunaan Medsos Penunjang Pembelajaran

23 Maret 2019, 09: 30: 20 WIB | editor : Ali Mustofa

Rima Utami, S.T.; Guru SMP 2 Mejobo Kudus

Rima Utami, S.T.; Guru SMP 2 Mejobo Kudus (dok pribadi)

Share this      

DI zaman yang semakin modern, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih. Semua hal terasa lebih cepat dan lebih mudah.

Akses telekomunikasi dan transportasi mudah dan cepat juga harus diikuti dengan sumber daya manusia. Agar tidak ketinggalan. Untuk itu, dalam menghadapi era yang semakin modern harus selalu belajar dalam penggunaan perangkat teknologi. Salah satu yang semakin berkembang media sosial (medsos). Medsos adalah salah satu media online. Para penggunanya mudah dalam berkomunikasi. Medsos meliputi Blog, Youtube, Wiki, Twitter, Facebook, WhatsApp, Wechat, Instragam, atau BBM.

Dari semakin berkembangnya medsos ini, tidak dapat dipungkiri berdampak pada masyarakat. Baik dampak positif maupun negatif. Dampak penggunaan medsos itu, melanda berbagai kalangan secara luas. Baik kalangan terpelajar maupun tidak terpelajar.

Dalam penggunaan medsos ini banyak hal positif yang akan kita dapatkan. Jika dalam penggunaan medsos secara bertanggung jawab dan bijaksana. Seperti penggunaan medsos untuk saling berkomunikasi, mendapatkan informasi secara cepat, bagi pelajar untuk media pengiriman tugas.

Namun, banyak dampak negatifnya juga jika dalam penggunaan medsos kurang bertanggung jawab dan kurang bijaksana. Seperti banyak penyebaran hoax dan ujaran kebencian. Munculnya sifat malas bagi para pelajar, karena waktu banyak digunakan untuk bermain medsos sehingga motivasi belajar menurun.

Dampak positif yang dihasilkan dari medsos untuk dunia pendidikan adalah pelajar dimudahkan dalam pencarian informasi untuk memperluas pengetahuan dan penyelesaian tugas-tugas yang diberikan. Seperti penggunaan Youtube untuk pencarian langkah pembuatan kerajinan dari plastik untuk mata pelajaran prakarya, penggunaan blog untuk pengiriman tugas mata pelajaran TIK, penggunaan whatsApp untuk pengiriman tugas-tugas dalam bentuk file. Dengan semakin berkembangnya media sosial ini bisa menunjang efektivitas dalam pembelajaran.

Pengguna medsos ini kebanyakan adalah kalangan remaja. Sehingga ketika dalam pembelajaran kita menggunakan medsos dalam pengiriman tugas-tugas atau pencarian informasi mereka lebih cepat memahami. Juga lebih bersemangat untuk segera mengirimkan tugas-tugas yang diberikan.

Salah satu mata pelajaran yang mengajarkan tentang teknologi yaitu mata pelajaran TIK (teknologi informatika). Siswa diperkenalkan dalam penggunaan media teknologi seperti komputer. Baik penggunaan perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Mata pelajaran TIK ini juga mempelajari tentang internet dan penggunaan medsos yang bijaksana dan bertanggung jawab.

Pelajar diberikan bekal untuk lebih bijaksana dalam penggunaan internet. Terutama penggunaan medsos. Mereka bisa menggunakan medsos ini untuk mencari informasi-informasi yang bermanfaat. Jika guru dan siswa menggunakan media sosial ini secara bijaksana akan tercipta suatu pembelajaran yang efektif. Karena banyak fasilitas yang bisa digunakan dalam penggunaan media sosial ini.

Dalam mata pelajaran TIK penggunaan medsos cukup efektif. Mereka jadi lebih mengetahui bagaimana cara membuat akun pada medsos. Jadi, tidak hanya menjadi pengguna saja. Siswa juga terbiasa menggunakan medsos untuk pengiriman tugas-tugas yang diberikan. Mereka  juga lebih hati-hati dalam penggunaan medsos karena sudah ada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Nomor 19/2016 mereka dilarang mendistribusikan, menstransmisikan, dan membuat dapat diakses informasi elektronik atau dokumen elektronik yang memiliki muatan melanggar kesusilaan, perjudian, penghinaan atau pencemaran nama baik, serta pemerasan atau pengancaman.(http://mediaindonesia.com)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia