Minggu, 20 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Dua Orang Tersingkir, Ini Tiga Nama Calon Sekda Jepara Lolos Seleksi

22 Maret 2019, 11: 22: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

Dua Orang Tersingkir, Ini Tiga Nama Calon Sekda Jepara Lolos Seleksi

JEPARA Calon Sekda Jepara telah dipilih tim panitia seleksi untuk direkomendasikan kepada Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Dari lima pendaftar, dua peserta dinyatakan belum memenuhi syarat. Dengan demikian, ada tiga pejabat yang diajukan ke bupati.

Pejabat yang tidak lolos itu, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara Trisno Santosa dan Kepala Dinas Perhubungan Jepara Deni Hendarko. Sedangkan tiga pejabat yang direkomendasikan ke bupatia, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara Diyar Susanto, Asisten III Edy Sujatmiko, dan Inspektur Jepara Akhmad Junaidi.

”Pansel (panitia seleksi) telah rekomendasikan tiga pejabat sesuai hasil proses seleksi sebelumnya,” kata Ketua Pansel Mohamad Arief Irawan melalui Kabid Pengembangan dan SDM Badan Kepegawain Daerah Sridono Paminto.

Sebelum ditentukan tiga pejabat yang direkomendasikan ke bupati, pansel menggelar serangkaian seleksi. Mulai administrasi, uji kompetensi, uji gagasan atau makalah, serta wawancara. Mulai awal pendaftaran, pengisian calon sekda diikuti lima pejabat. Kelimanya lolos administrasi sampai uji kompetensi.

Selanjutnya, ketiga calon sekda yang lolos itu, mengikuti seleksi terakhir berupa uji gagasan dan wawancara. Hasil dari seleksi tersebut dipertimbangkan pansel untuk memilih tiga calon terbaik. Lalu disampaikan kepada bupati. ”Tiga pejabat terbaik disampaikan. Namun pada hasil akhir akan diumumkan dan ditetapkan satu pejabat terpilih,” ujarnya.

Setelah disampaikan ke bupati, hasil tersebut dikoordinasikan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo paling lambat 5 April mendatang. Tidak berhenti di situ, koordinasi juga dilakukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara. Pansel diberi waktu 21-29 April mendatang untuk penetapan dan persiapan pelantikan.

”Akhir April diagendakan pelantikan. Karena Mei mendatang Sekda Jepara Sholih memasuki purna tugas,” jalasnya.

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia