Selasa, 17 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Enam Sekolah Tingkat Menengah di Jepara Laksanakan UNBK Tahun Ini

21 Maret 2019, 15: 42: 50 WIB | editor : Ali Mustofa

Enam Sekolah Tingkat Menengah di Jepara Laksanakan UNBK Tahun Ini

KOTA – Sebanyak enam sekolah tingkat menengah di Kabupaten Jepara tahun ini mulai melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebelumnya, enam sekolah itu menyelenggarakannya secara manual.

Enam sekolah tersebut yakni SMPN 2 Karimunjawa, SMP BOPKRI 4 Kelet, SMP Nurul Aman Keling, SMP Muhammadiyah 1 Mlonggo, SMP Muhammadiyah 5 Kalinyamatan dan SMP Ma’arif Tegalsambi. Dengan bertambahnya enam sekolah baru tersebut saat ini semua SMP Negeri di Kabupaten Jepara telah melaksanakan UNBK. Sementara untuk sekolah swasta, tersisa 22 sekolah yang masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono kemarin. Agus mengatakan, tahun ini ada tambahan enam sekolah yang melaksanakan UNBK.

Dari jumlah enam sekolah tersebut, empat di antaranya berhasil melaksanakan UNBK secara mandiri di sekolah masing-masing. Sementara dua di antaranya terpaksa bergabung dengan sekolah lain lantaran belum mampu melaksanakan UNBK mandiri. ”Dua sekolah yang belum mampu melaksanakan UNBK mandiri yakni SMP BOPKRI 4 Kelet dan SMP Nurul Aman Keling, jumlah peserta ujian dari masing-masing sekolah tersebut hanya sedikit yakni 7 anak. Mengenai pelaksanaan ujian UNBK nya meminjam tempat di SMK Wikrama 1 Jepara,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Bertambahnya sekolah yang bergabung melaksanakan UNBK ini tak lain karena dukungan dari pihak dinas. Tahun lalu pihak dinas mengalokasikan bantuan komputer untuk sekolah-sekolah di Jepara. Khusus untuk sekolah negeri jumlahnya mencapai 20 buah per sekolah. ”Termasuk untuk sekolah di wilayah Karimunjawa seperti SMP Negeri 2 Karimunjawa,” jelasnya.

Di singgung mengenai pelaksanaan UNBK yang akan dilakukan di SMP Negeri 2 Karimunjawa sendiri, Agus menjelaskan, saat ini persiapannya sudah berjalan sebagaimana target yang diharapkan. Baik mengenai komputer, server jaringan hingga genset. ”Tahun-tahun sebelumnya terkendala jaringan, saat ini sudah tidak lagi,” terangnya.

Khusus untuk SMP Negeri 2 Karimunjawa, pihaknya juga bekerjasama dengan Kominfo untuk menempatkan dua teknisi yang ahli jaringan yang nantinya akan berada di sekolah tersebut saat pelaksanaan UNBK. ”Tujuannya untuk berjaga-jaga supaya pelaksanaan UNBK berjalan lancar,” terangnya.

Selama dua hari yakni kemarin hingga hari ini, dilaksanakan simulasi terakhir atau gladi bersih UNBK bagi SMP/MTs di Kabupaten Jepara. Setelah gladi bersih ini para peserta ujian tinggal menunggu pelaksanaan ujian pada April mendatang. ”Kami berharap semuanya bisa berjalan sesuai dengan harapan dan mendapatkan hasil yang terbaik,” imbuhnya.

(ks/emy/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia