Senin, 23 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Cegah Abrasi, Persit Tanam 4.000 Mangrove di Pantai Pungkruk

21 Maret 2019, 15: 29: 51 WIB | editor : Ali Mustofa

SOSIAL: Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Septi M. Efendi tanam mangrove di Pantai Desa Mororejo.

SOSIAL: Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Septi M. Efendi tanam mangrove di Pantai Desa Mororejo. (KODIM FOR RADAR KUDUS)

Share this      

MLONGGO – Sempat gerimis, tak menghalangi istri Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, Septian Yudi Prastiwi, melakukan penghijauan di kawasan pesisir. Berseragam hijau, Septian bersama puluhan pengurus cabang dan ranting Persit Kartika Chandra Kirana, melakukan penanaman mangrove di Pantai Pungkruk, Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, pada Rabu (20/3) pagi.

Ada sekitar 4.000 batang mangrove, yang ditanam Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, bersama anggota Persit kartika Chandra Kirana, dan anggota Kodim 0719 Jepara, pagi itu.  “Sangat disayangkan, jika pantai yang indah ini, rusak terkena abrasi. Mudah-mudahan, lima tahun yang akan datang, mangrove ini sudah tumbuh lebat, dan bisa dinikmati masyarakat,” kata dia.

Penanaman mangrove, dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, rombongan diterima langsung oleh Dandim 0719 Jepara, Letkol Czi Fachrudi Hidayat ST dan istri. Selanjutnya, mereka menyisir pantai dan melakukan penanaman mangrove. ”Kita ikat kencang, agar tidak terkena ombak,” katanya.

Minimnya ruang hijau dan perilaku orang-orang yang membuang sampah sembarangan menjadi faktor utama rusaknya lingkungan. Saat ini, Pantai Pungkruk, menjadi salah satu jujugan wisatawan, terlebih dengan adanya beberapa fasilitas umum yang telah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara.

Tidak hanya itu, usai melakukan penanaman mangrove, mereka juga mengambil sampah-sampah, dari bahan plastik yang bertebaran di sepanjang pantai tersebut. Setidaknya pagi itu, mereka berhasil mengumpulkan hampir sepuluh kantong plastik besar berisi sampah. ”Kalau pantainya bersih, kan jadi nyaman, apalagi Jepara terkenal dengan wisata pantainya” kata dia.

 Dalam kesempatan itu, Septian juga memberikan tali asih kepada masyarakat, yang kebetulan tengah memunguti sampah plastik di sepanjang pantai. Usai melakukan penanaman mangrove, dan bersih pantai, mereka juga berkesempatan melakukan penanaman pohon trembesi di kawasan taman Pantai Mororejo. ”Mudah-mudahan tumbuh besar, menjadi peneduh disini,” tutur dia.

(ks/war/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia