Selasa, 17 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Rembang

DPKP Rembang Usulkan Tugu Ikonik ke Provinsi, Begini Alasannya

21 Maret 2019, 14: 51: 05 WIB | editor : Ali Mustofa

KURANG IKONIK: Pembangunan taman di kawasan di gerbang Kota Rembang belum bisa menjadi magnet masyarakat. Lahan yang tak begitu luas membuat kesulitan untuk dibuat ikon tugu.

KURANG IKONIK: Pembangunan taman di kawasan di gerbang Kota Rembang belum bisa menjadi magnet masyarakat. Lahan yang tak begitu luas membuat kesulitan untuk dibuat ikon tugu. (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA – Terinspirasi tugu ikonik daun tembakau di gerbang Kudus dan tugu bandeng di Pati, Kota Garam juga berusaha untuk membuat bangunan ikonik. Menurut rencana, salah satu lokasi yang diusulkan yakni di utara masjid Alun-Alun Rembang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Rembang Joestiennarni  mengungkapkan, pihaknya sudah mengusulkan anggaran ke provinsi mengenai rencana pembangunan tugu ikonik. Namun, hingga kemarin belum ada kepastian apakah akan diterima atau tidak.

”Karena mungkin APBD tidak memungkinkan, kami usulnya ke provinsi. Tapi ya tidak tahu apakah disetujui atau tidak,” paparnya kemarin.

Meski demikian, pihaknya enggan menyebutkan jumlah anggaran yang diusulkan ke Pemprov untuk rencana pembangunan tugu ikonik itu. Pihaknya hanya memastikan, Pemkab Rembang juga berusaha untuk memunculkan tugu ikonik sebagaimana di Pati dan Kudus untuk menarik wisatawan.

Mengenai lokasi, Jowstiennarni menyebut di Rembang cukup sulit mencari tempat yang strategis untuk rencana pembangunan tugu ikonik tersebut. Namun demikian, ada salah satu opsi lokasi yang dinilai paling strategis. Yakni di utara masjid Alun-Alun Rembang.

”Di Rembang ini kan cari lokasi untuk seperti itu, pembangunan tugu cukup sulit. Lokasinya yang strategis di utara masjid Alun-Alun, tapi tidak begitu luas juga itu,” tambah dia.

Untuk diketahui, saat ini, lokasi di kawasan utara masjid, selain digunakan untuk taman, juga dimanfaatkan untuk para pedagang. Namun, lahan di kawasan tersebut masih milik Pemkab Rembang.

Pada tahun lalu, sebenarnya Pemkab Rembang sempat mempercantik gerbang Kota Rembang. Namun, karena tak begitu besar seperti bangunan di Pati dan Kudus, belum bisa menjadi bangunan ikonik.

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia