Minggu, 25 Aug 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Bupati Jepara Rekomendasikan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional

21 Maret 2019, 09: 40: 31 WIB | editor : Ali Mustofa

REKOMENDASI: Lestari Moerdijat saat mengunjungi Makam Ratu Kalinyamat belum lama ini. Bupati Jepara Ahmad Marzuqi memberikan rekomendasi kepada Yayasan Dharma Bakti Lestari untuk pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional.

REKOMENDASI: Lestari Moerdijat saat mengunjungi Makam Ratu Kalinyamat belum lama ini. Bupati Jepara Ahmad Marzuqi memberikan rekomendasi kepada Yayasan Dharma Bakti Lestari untuk pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Yayasan Dharma Bakti Lestari menerima rekomendasi dari Bupati Jepara Ahmad Marzuqi untuk pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional. Rekomendasi tersebut akan jadi modal tambahan yayasan untuk mengajukan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional.

Pembina Yayasan Dharma Bakti Lestari, Lestari Moerdijat melalui perwakilan Yayasan Dharma Bakti Lestari di Jepara Nur Hidayat, menyampaikan, surat rekomendasi dari bupati Jepara sudah diterima Senin (18/3) lalu. Pihaknya akan segera melengkapi berkas-berkas persyaratan pengajuan pahlawan.

”Gagasan Ibu Lestari Moerdijat rupanya disambut baik Pak Bupati. Surat rekomendasi sudah turun. Segera akan kami lengkapi berkas persyaratan yang lain,” ujar Nur Hidayat.

Sejumlah rangkaian kegiatan usulan gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat sudah dilakukan. Misalnya, mengunjungi situs yang diduga peninggalan Ratu Kalinyamat. Kajian akademik juga dilakukan dengan melibatkan sejumlah sejarawan dan budayawan.

”Forum diskusi dengan organisasi dan elemen-elemen masyarakat juga sudah kami lakukan. Forum itu sepakat gelar pahlawan nasional memang layak diberikan untuk Ratu Kalinyamat,” kata Nur Hidayat.

Dia juga akan menggelar seminar nasional untuk mengupas sosok Ratu Kalinyamat. Pihaknya tengah mengumpulkan sejumlah berkas persyaratan pendukung, agar misi tersebut terlaksana.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara sudah dua kali mengusulkan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional. Namun, usaha yang dilakukan pada 2005 dan 2016 itu, tak membuahkan hasil.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Yayasan Dharma Bakti Lestari yang telah menginisiasi kembali pengajuan tersebut. ”Ada permohonan masuk langsung saya rekomendasikan. Tanpa pikir panjang,” katanya.

Menurutnya, sudah saatnya perjuangan yang sebelumnya telah diupayakan pemkab dilanjutkan dan disempurnakan. Pihaknya siap membantu terkait dokumen penunjang. Semua elemen masyarakat juga bakal digerakkan untuk mendukung upaya tersebut. 

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia