Minggu, 25 Aug 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Wabup Dian Kristiandi Dorong Pule Jadi Desa Wisata

21 Maret 2019, 09: 34: 37 WIB | editor : Ali Mustofa

KEMBANGKAN DESA: Wabup Jepara Dian Kristiandi ditemani pejabat pemkab meninjau Desa Pule, Mayong, kemarin untuk didorong sebagai desa wisata.

KEMBANGKAN DESA: Wabup Jepara Dian Kristiandi ditemani pejabat pemkab meninjau Desa Pule, Mayong, kemarin untuk didorong sebagai desa wisata. (ZAINAL ABIDIN/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARAWakil Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama jajarannya berkunjung ke Desa Pule, Mayong, kemarin. Kunjungannya tersebut untuk memantau infrastruktur dan memberikan dukungan kepada warga sekitar yang sedang mengembangkan desa wisata.

Dengan melihat potensi alam yang dimiliki desa tersebut, Dian Kristiandi mendorong kepada masyarakat Desa Pule untuk menjadikan desanya sebagai desa wisata. ”Kita sudah melihat bersama-sama, kalau misalkan di sini dibangun gardu pandang, tentu akan sangat menarik. Sebab keindahan alamnya sangat mendukung,” kata wabup yang akrab disapa Andi ini kemarin.

Sebagai langkah prioritasnya, yaitu memperbaiki infrastruktur jalan. Khususnya jalan yang menuju lokasi wisata di Desa Pule. Jadi, bisa menarik banyak masyarakat dan wisatawan yang datang. ”Saat ini sudah ada embrio, Ikada Pule. Kami tinggal mendorong, agar mimpi masyarakat menjadikan Pule sebagai desa wisata dapat terwujud,” jelasnya.

Dengan menjadi desa wisata, tentu saja akan mampu memberdayakan masyarakat dan lingkungannya. Termasuk produk lokal dan UMKM yang ada di sana ikut berkembang. ”Yang penting desa harus menyiapkan sumber daya yang ada, termasuk pariwisata,” tuturnya.

Wabup berharap, ada kesiapan mental dari lingkungan. Pihaknya memberikan support dan dorongan, agar Desa Pule sebagai desa wisata akan menginspirasi desa lain di sekitarnya. ”Mudah-mudahan ini akan menginspirasi desa sekitar,” katanya.

Kepala Desa Pule Sodiq berharap, dengan adanya kunjungan wabup ini, menjadi semangat baru masyarakat untuk mewujudkan harapannya tersebut. ”Kami juga berharap dibantu infrastruktur perbaikan jalan dan penerangan jalan,” tuturnya.

Saat ini yang sudah mulai dikembangkan, di antaranya kolam ikan, kebun pepaya, kebun jeruk, dan produk unggulan desa. Produk unggulan itu dijajakan kepada wisatawan, seperti keripik singkong dan olahan makanan tradisional lainnya.

Upaya mewujudkan desa wisata ini, tidak hanya sekali ini. Sebelumnya, wabup juga sudah mengunjungi sejumlah tempat yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai desa wisata. Seperti Desa Papasan, Kecamatan Bangsri, dengan wisata buahnya. Selain itu, Desa Blingoh Kecamatan Donorojo, dan Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo dengan kampung wisata tani.

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia