Senin, 23 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Grobogan

Stok Lebih, PMI Grobogan Sumbang Darah ke Luar Daerah

19 Maret 2019, 11: 25: 21 WIB | editor : Ali Mustofa

DONOR DARAH: Petugas PMI Grobogan melayani pendonor yang menyumbangkan darahnya.

DONOR DARAH: Petugas PMI Grobogan melayani pendonor yang menyumbangkan darahnya. (INTAN M SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN – Tercukupinya stok darah membuat PMI Grobogan mengirimkan kantong darah ke daerah lain. Bahkan, per bulan rutin mengirimkan stok ke PMI Jateng. Itu, berkat keaktifan mobil unit PMI keliling untuk mendekatkan diri ke pendonor.

Ketua Markas PMI Grobogan Djasman mengatakan, bulan lalu PMI mengirimkan sebanyak 400 kantong golongan darah O ke PMI Jateng. ”Kebetulan di sini stok darah O melimpah, sehingga kami bisa memenuhi untuk kebutuhan daerah lain yang stoknya tak tercukupi,” ujarnya.

Terpenuhinya stok darah itu dikarenakan adanya mobil unit PMI yang aktif berkeliling mencari pendonor. Selain di berbagai instansi, mereka juga berkoodinasi dengan komunitas hingga ke sekolah dan acara besar.

Dalam sehari PMI mampu mendapatkan kantong darah sekitar 40-50 kantong. Sedangkan darah keluar sekitar 40 kantong per hari. Selain setiap bulan stok darah dikirim ke PMI Jateng, PMI Grobogan hampir setiap harinya juga mengirimkan stok darah ke Bank Darah Rumah Sakit (BDRS).

 ”Meski kerap mengirim ke daerah lain, stok darah di sini masih aman. Terlebih untuk bulan ini, PMI Jateng belum meminta pengiriman sehingga stok masih melimpah. Kami mulai menjaga stok menjelang datangnya Ramadan pada Mei nanti,” paparnya.

Sampai hari ini stok darah yang ada di PMI sebanyak 92 kantong. Sebanyak 26 kantong untuk darah A, 19 kantong darah B, 12 kantong darah AB, dan 35 kantong darah O. Untuk darah AB memang sedikit, karena permintaan juga sedikit.

Dengan persediaan darah di Kabupaten Grobogan yang terbilang aman. Pihaknya berharap masyarakat terus membantu dengan melakukan donor darah. Sebab hampir mendekatinya Ramadan maka stok darah yang disimpan harus melimpah.

(ks/int/lid/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia