Senin, 23 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Dewan Komitmen Tingkatkan Integritas untuk Wujudkan Good Governance

19 Maret 2019, 11: 12: 47 WIB | editor : Ali Mustofa

KOMITMEN: Ketua DPRD Kabupaten Kudus Achmad Yusuf Roni (tengah) menyerahkan plakat kepada narasumber workshop anggota DPRD di Semarang.

KOMITMEN: Ketua DPRD Kabupaten Kudus Achmad Yusuf Roni (tengah) menyerahkan plakat kepada narasumber workshop anggota DPRD di Semarang. (HUMAS DPRD KUDUS FOR RADAR KUDUS)

Share this      

SEMARANG – Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Kudus akhir pekan lalu mengikuti workshop di Hotel Horison Nindya, Semarang. Ada beberapa hal yang jadi fokus workshop itu. Salah satunya, peningkatan integritas anggota DPRD.

Ketua DPRD Kabupaten Kudus Achmad Yusuf Roni mengungkapkan, bimtek atau workshop itu merupakan agenda rutin untuk peningkatan kapasitas anggota dewan. Sebelumnya, semua anggota DPRD Kudus juga mengikuti workshop sebelum penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Derah (RPJMD). Tentunya, bimtek disesuaikan dengan kondisi yang akan dihadapi oleh para anggota DPRD.

Akhir pekan lalu, mulai 15-17 Maret 2019, semua anggota DPRD kembali mengikuti bimtek. Pada workshop yang digelar di Semarang itu, lebih ditekankan pada peningkatan integritas anggota DPRD. Workshop sendiri mengambil tema “Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Menopang Terwujudnya Pemerintahan yang Maju,”.

TINGKATKAN INTEGRITAS: Anggota DPRD Kabupaten Kudus mengikuti workshop untuk meningkatkan integritas guna mendukung terwujudnya good governance.

TINGKATKAN INTEGRITAS: Anggota DPRD Kabupaten Kudus mengikuti workshop untuk meningkatkan integritas guna mendukung terwujudnya good governance. (HUMAS DPRD KUDUS FOR RADAR KUDUS)

”Bimtek ini, tentunya kita laksanakan dengan materi-materi yang update. Disesuaikan dengan perkembangan dinamika politik dan aturan-aturan yang ada. Kali ini tentang bagaimana menciptakan budaya integritas. Nah sebelumnya, mengkaji tentang perda RPJMD. Kebetulan momennya dekat dengan penyusunan RPJMD,” jelasnya.

Karena workshop itu berkaitan dengan peningkatan integritas, salah satu narasumbernya merupakan mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ada juga dari unsur akademisi dan motivator. Bimtek itu juga dibuka langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Mohammad Arief Irwanto.

Para anggota DPRD Kudus diberi trik bagaimana meningkatkan budaya integritas. Termasuk mencermati titik-titik mana yang rawan penyalahgunaan kewenangan. Agar, anggota DPRD bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan regulasi.

”Mantan pegawai KPK kita hadirkan, materinya lebih ke bagaimana upaya-upaya pencegahan,” imbuh politikus PDIP ini.

Yusuf berharap, selesai workshop selama tiga hari itu, anggota DPRD Kudus bisa meningkatkan integritas dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Baik sebagai wakil rakyat maupun mitra pemerintah.

(ks/lid/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia