Senin, 22 Jul 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Latih Anak Wirausaha, SD Muhammadiyah Birrul Walidain Gelar Market Day

14 Maret 2019, 15: 15: 43 WIB | editor : Ali Mustofa

PENTAS SENI: Siswa SD Muahammadiyah Birrul Walidain Kudus menampilkan tari kreasi pada acara Market Day dan Pentas Seni yang dilaksakan kemarin.

PENTAS SENI: Siswa SD Muahammadiyah Birrul Walidain Kudus menampilkan tari kreasi pada acara Market Day dan Pentas Seni yang dilaksakan kemarin. (DIYAH AYU FITRIYANI/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA – Dalam rangka melatih dan menumbuhkan jiwa berwirausaha, SD Muhammadiyah Birrul Walidain menggelar Market Day. Acara yang dilaksanakan di halaman sekolah ini berlangsung selama dua hari. Mulai kemarin dan hari ini. Selain praktik berwirausaha, juga digelar pentas seni yang diikuti oleh seluruh siswa SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus.

Fahmi Amrullah Dwi Saputro selaku Ketua Panitia mengatakan, acara Market Day menjadi even tahunan yang diselenggarakan sekolah. Biasanya waktu penyelenggaraannya diambil pada waktu jeda setelah pelaksanaan ujian tengah semester.

”Acara ini kami jadikan ajang untuk pembelajaran secara langsung transaksi jual beli yang benar,” kata pria yang juga menjadi Kepala Urusan Kesiswaan SD Muhammadiyah Birrul Walidain itu.

Meskipun ini acara yang diselenggarakan setiap tahun terhitung sejak 2013 lalu, namun diakuinya tahun ini memiliki konsep yang berbeda. Tahun ini pihak panitia penyelenggara menambah agenda pentas seni. Dimana setiap siswa dibebaskan untuk mengekspresikan kemampuan mereka di atas panggung.

Hal ini ternyata direspon baik oleh seluruh siswa. Terlihat selain mereka asyik menjajakan dan membeli barang dagangan yang dijual temannya sendiri, mereka juga semangat tampil di atas panggung. Ada yang menyanyi, membaca puisi, hingga menampilkan tarian kreasi yang mampu memukau ratusan pasang mata.

Binar salah satu siswa kelas III mengaku senang dengan adanya Market Day. Selain ia bisa menikmati jajanan, ia juga merasa terhibur dengan adanya pentas seni. Bahkan ia mengaku sudah latihan ekstra untuk penampilannya hari ini. ”Saya sudah persiapan penuh buat tampil Besok (hari ini, Red),” katanya.

Kepala SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Jamaluddin Kamal menambahkan, pihaknya dengan adanya Market Day ini, dapat tercipta jiwa entrepreneur muda yang berakhlakul karimah. ”Kami berusaha untuk mengajari anak-anak untuk berniaga secara jujur sedini mungkin,” ujarnya.

Menurutnya, acara semacam ini dirasa lebih efektif. Sebab, jika sebelumnya mereka hanya mengenal teorinya di dalam kelas, dengan acara ini mereka bisa mengaplikasikannya. Tentunya dengan pengawasan dari ustadz dan ustadzah.

”Mulai bagaimana mereka berinteraksi, bertutur dengan sesama, pengapliksaian makan sambil duduk, hingga tanggung jawab mereka untuk membuang sampah pada tempatnya semua kami awasi,” jelasnya.

Ke depan, sekolah yang memiliki jumlah siswa sekitar 321 ini juga akan lebih spesifik lagi dalam mengemas acara Market Day. Rencananya, tema jajanan tradisional akan diangkat menjadi tema Market Day tahun depan. Sehingga selain memberikan pembelajaran berwirausaha, anak juga dikenalkan jajanan tradisional.

”Kami kenalkan biar anak-anak kenal dengan jajanan tradisional yang sudah mulai jarang ditemui,” imbuhnya.

(ks/daf/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia