Selasa, 23 Jul 2019
radarkudus
icon featured
Rembang

Longsor di Desa Menggar Hancurkan Rumah Janda, Begini Kondisinya

07 Maret 2019, 09: 10: 15 WIB | editor : Ali Mustofa

LONGSOR: Sejumlah orang kerja bakti membersihkan puing rumah Waskinatuljanah usai tertimpa longsoran kemarin.

LONGSOR: Sejumlah orang kerja bakti membersihkan puing rumah Waskinatuljanah usai tertimpa longsoran kemarin. (BPBD For RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – Rumah Waskinatuljanah, 35, warga Desa Menggar, RT 02/RW 02, Sluke, Rembang, tertimpa longsor pukul 06.20 kemarin. Panjang longsor 27 meter dan tinggi 7 meter. Tebing ini diketahui milik Lasmudi, 50. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kerugian ditaksir jutaan rupiah.

Pascakejadian Waskinatuljanah tak bisa menyembunyikan perasaan sedihnya. Janda anak satu ini sesegukan usai pulang dari pasar. Dia kaget dapur rumahnya hancur.

Mengenakan kaos oblong kuning, Janah tetap tabah. Ia tetap bersyukur. Karena ibunya Sutarmi yang kebetulan berada di rumah selamat.

Kades Menggar Mahmud menjelaskan, musibah setelah hujan sejak pukul 19.00 Selasa (5/3). Pagi harinya atau kemarin sekitar pukul 06.20 tebing di atas rumah Waskinatuljanah longsor. Saat kejadian korban bersama anaknya tidak di rumah. Hanya ada ibunya di rumah.

Saat itu tiba-tiba terdengar suara gemuruh. Setelahnya warga sebagian keluar menengok bunyi tersebut. ”Suaranya keras, grobyak. Ternyata rumah bagian belakang yang digunakan dapur tertimpa longsor,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwadi Samsi melalui Kasi Kegawatdaruratan Pramujo mengaku setelah mendapat kabar, dirinya langsung terjun ke lokasi longsor. Setelah melakukan pendataan dilanjutkan kerja bakti.

”Upaya yang dilakukan BPBD assessment di lokasi kejadian. Lalu mengerahkan masyarakat untuk kerja bakti. Material longsir dan reruntuhan rumah dibersihkan,” katanya.

Belum rampung menangani longsor di Manggar, di jam sama BPBD Rembang mendapatkan laporan di kecamatan lain. Kali ini yang dilaporkan di Banyuurip, RT 01/RW 01, Desa Pancur. Di sana tebing longsor. Panjang 8 meter dan tinggi 4 meter.

Tebing longsor di rumah milik Sutari, 59. Dalam peristiwa ini longsoran sempat menutup setengah akses jalan desa menuju Criwik, Pancur. Dalam peristiwa ini BPBD sama mengajak warga kerja bakti untuk membuka akses jalan. ”Kami juga membantu logistik berupa sembako dan uang tunai Rp 1 juta untuk pembelian material,” tutupnya.

(ks/noe/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia