Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Dari Paksaan Jadi Ketagihan

26 Februari 2019, 10: 03: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

Nanda Fatimatuz Zahro

Nanda Fatimatuz Zahro (GALIH ERLAMBANG WIRADINATA/RADAR KUDUS)

Share this      

KEDISIPLINAN menekuni dunia baca puisi sejak SD, menjadikan gadis bernama lengkap Nanda Fatimatuz Zahro ini, ingin berlajar lebih mendalam. Ia menilai, bahwa keindahan sajak puisi sudah menyatu dalam dirinya.

Gadis yang duduk di bangku kelas XI ini mengaku, kecintaannya dengan puisi, dulu datang karena paksaan gurunya. Namun, kini puisi sudah membuatnya kecanduan. Hingga dia selalu semangat latihan.

Nanda -sapaan akrabnya- dipaksa guru SD untuk mengikuti lomba baca puisi waktu itu. Dulunya dia sempat tak percaya diri. Namun, setelah didatangkan pelatih dari luar sekolahnya, rasa percaya diri mulai diolah. Akhirnya dia tak minder saat ikut lomba.

”Saat itu sempat grogi. Namun, seringnya berlatih menjadikan enjoy saat bawa puisi. Caranya dengan menganggap penonton itu seolah tak ada di depan saya,” katanya.

Puisi yang dirasakan memiliki keindahan dan daya magis telah menyihirnya, hingga ditekuninya sampai sekarang. Teknik pernapasan dan olah vokal merupakan yang digembleng kali ini. Tak segan-segan, ia memberlakukan porsi latihan di sekolah hingga di luar sekolah. Ia juga sering berlatih dengan rekan-rekannya di luar sekolah. ”Meski libur sekolah saya tetap latihan,” ungkapnya.

Keseriusannya berlatih membuahkan hasil. Di antaranya mendapatkan juara II tingkat Jawa Tengah di acara Bulan Bahasa 2017 dan juara I baca sajak tingkat kabupaten 2018.

Ke depan, ia berharap lebih baik dalam peraihan prestasi. Juga membawa manfaat bagi sekolah dan masyarakat. Dia juga mempersiapkan dirinya untuk menghadapi babak final membaca sajak tingkat provinsi.

Gadis yang berusia 17 ini mengaku, dia juga mengikuti teater di sekolahnya, MA Banat. Ia menyebutkan, teater tak jauh beda dengan puisi. ”Di teater juga ada latihan ekspresi, olah vokal, pernapasan, serta gerak tubuh,” imbuhnya. (gal)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia