Minggu, 15 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Tahan Banting Demi Jadi Juara

15 Februari 2019, 08: 09: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

Karisma Lutfiana Nurul Fadila

Karisma Lutfiana Nurul Fadila (DOKUMEN PRIBADI)

Share this      

PEREMPUAN bernama lengkap Karisma Lutfiana Nurul Fadila ini, mulai menemukan passion di bidang literasi dan sastra. Beberapa kali, gadis asal Kabupaten Blora yang nyantri di Kajen, Pati, ini, kerap menjuarai berbagai lomba. Seperti juara III lomba baca puisi se-Karesidenan Pati hingga juara I penulisan artikel di Kudus.

Untuk menjadi berprestasi itu, Karisma mengaku harus tahan banting dan banyak berkorban. Gadis kelahiran Blora, 19 Maret 2002 ini, mengaku, harus banyak berkorban waktu untuk latihan. Menurutnya, latihan demi latihan dalam segala hal sangat penting. Termasuk di dunia literasi dan sastra yang digelutinya.

”Ya harus mau berkorban waktu untuk latihan-latihan. Itu untuk menunjang jam terbang," kata gadis yang kini duduk di bangku kelas XI MA Salafiyah Kajen-Pati ini kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Selain itu, santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Rima Al Amin ini mengaku, pantang menyerah juga menjadi hal penting dalam menekuni sesuatu. Karisma pun tak jarang mengalami kegagalan dalam sebuah lomba.

Namun, Karisma tetap semangat. Kegagalan-kegagalan itu menjadi pengalaman berharga dan belajar dari kesalahan. ”Agar tak mudah menyerah, tentunya kita harus semangat berkarya. Bisa jadi karya pertama, kedua, hingga ketiga gagal, karya keempatlah yang jadi juara. Jadi, harus pantang menyerah untuk menjadi besar," papar putri dari pasangan Ali Machsun dan Siti Hida ini.

(ks/aua/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia