Selasa, 18 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Grobogan

Begini Upaya Dinsos Meminimalisir Anak Putus Sekolah

12 Februari 2019, 14: 12: 54 WIB | editor : Ali Mustofa

SOSIALISASI: anak putus sekolah di Desa Kradenan Kecamatan Kradenan.

SOSIALISASI: anak putus sekolah di Desa Kradenan Kecamatan Kradenan. (INTAN M SABRINA/RADAR KUDUS)

PURWODADI - Masih banyaknya anak putus sekolah membuat Dinas Sosial (Dinsos) Grobogan terus meminimalisir angka sosial anak tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan dengan sosialisasi ke puluhan anak putus sekolah yang ada di Desa Kradenan, Kecamatan Kradenan.

Kepala Dinsos Grobogan Andung Sutiyoso melalui Kasi Kesejahteraan Sosial Anak dan Lanjut Usia Jasmari mengatakan, sebelumnya bulan lalu Dinsos telah mengirim lima anak putus sekolah ke Balai Rehabilitas Sosial Taruna Yodha Kabupaten Sukoharjo. Kemudian pengiriman tahap kedua akan dilakukan pada Juli nanti. Harapannya melalui sosialisasi di Desa Kradenan ini mampu menarik anak sebanyak-banyaknya untuk ikut pelatihan keterampilan di sana.

”Kali ini kami melakukan sosialisasi ke 50 anak putus sekolah dan ekonomi rendah yang ada di desa tersebut. Harapannya, mereka bersedia dikirim untuk ikut pelatihan di baresos. Karena kuota yang diberikan cukup banyak,” ungkapnya.

Dijelaskan, dalam setahun pelatihan dibagi menjadi dua gelombang. Yakni Januari hingga Juli dan Agustus hingga Desember. Kurang lebih selama enam bulan mereka mendapat berbagai macam pelatihan.

Program pelatihan yang didapat antara lain sablon, otomotif, tata rias, menjahit, bordir, tata boga hingga komputer. Setelah enam bulan pelatihan mereka langsung disalurkan di CV maupun PT yang telah bekerja sama dengan baresos tersebut. Mereka juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan.

”Program ini sangat membantu dan dibutuhkan keluarga kurang mampu agar tidak menjadi pengangguran. Setiap tahun kuota yang diberikan cukup banyak. Namun yang mau ikut pelatihan masih minim. Maka TKSK di setiap wilayah berusaha memilah anak untuk memaksimalkan kuota,” paparnya.

(ks/int/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia